AS Curiga Rusia Siapkan Senjata Kimia Untuk Serang Ukraina

ADVERTISEMENT

AS Curiga Rusia Siapkan Senjata Kimia Untuk Serang Ukraina

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 10 Mar 2022 17:11 WIB
Militer Ukraina membantu warga melarikan diri dari kota Irpin saat terjadi serangan dari Rusia pada Minggu (6/3). Warga meninggalkan bangunan yang terbakar dengan mengambil satu-satunya rute jalan keluar kota itu bersama anak-anak, lansia hingga hewan peliharaan.
Situasi di Ukraina. Foto: Screenshoot Reuters
Washington -

Amerika Serikat dan juga Inggris curiga bahwa Rusia siap menggunakan senjata kimia di Ukraina. Itu setelah Rusia menuduh Amerika membantu program senjata biologi di Ukraina walaupun tanpa bukti.

Sekretaris Gedung Putih, Jen Psaki, menyebut tudingan Rusia yang menurutnya juga didukung China itu benar-benar salah. Ia menilai tudingan ini bisa saja menjadi justifikasi jika Rusia ingin menyerang dengan senjata kimia.

"Karena Rusia melontarkan klaim salah itu dan China sepertinya mendukung propaganda ini, kita semua harus mengawasi kemungkinan Rusia menggunakan senjata kimia atau biologi di Ukraina," katanya, dikutip detikINET dari Guardian, Kamis (10/3/2022).

Disebutkan bahwa Rusia mungkin saja menggunakan senjata non konvensional semacam itu. Sebelumnya, Kemenlu Rusia menyebut mereka punya bukti bahwa AS mendukung program senjata biologi yang melibatkan kolera dan anthrax di Ukraina.

"Rusia punya rekam jejak menuduh negara barat melakukan pelanggaran yang justru dilakukan oleh mereka sendiri. Ini adalah umpan dari Rusia untuk menjustifikasi serangan," sebut Psaki.

Rusia belakangan juga dituding mengincar warga sipil Ukraina karena pergerakan mereka di negara itu lambat. Bahkan ada tudingan Rusia telah meledakkan bom vakum thermobaric yang mengerikan.

Adapun penggunaan, produksi dan penyimpanan senjata kimia dilarang oleh kesepakatan internasional oleh 193 negara. Namun demikian, senjata kimia tetap digunakan sedikitnya 17 kali di perang Suriah, menurut e Organisation for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW).

Rusia sendiri membantah telah mendukung rezim Suriah untuk menggunakan senjata kimia. Senjata kimia sendiri adalah senjata yang memanfaatkan sifat racun senyawa kimia untuk membunuh, melukai, atau melumpuhkan musuh.

Senjata kimia juga dikategorikan sebagai senjata pemusnah massal, walaupun senjata ini berbeda dari senjata nuklir, senjata biologis, dan senjata radiologis.



Simak Video "PM Inggris Curiga Rusia Gunakan Senjata Kimia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT