NASA Kepincut 'Harta Karun' Luar Angkasa Senilai USD 10.000 Kuadriliun

NASA Kepincut 'Harta Karun' Luar Angkasa Senilai USD 10.000 Kuadriliun

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 11 Agu 2021 19:45 WIB
Asteroid 16 Psyche yang langka diduga bernilai USD 10.000 kuadrilion
NASA Kirim Wahana ke Asteroid 'Harta Karun' Senilai USD 10.000 Kuadriliun. Foto: Maxar/ASU/P. Rubin/NASA/JPL-Caltech
Jakarta -

Teka-teki asal mula Bumi masih menjadi misteri. Untuk memahami hal tersebut, NASA berencana untuk mengirimkan pesawat ruang angkasa ke asteroid 'harta karun' bernilai USD 10.000 kuadriliun.

Asteroid yang dimaksud adalah 16 Psyche. Diyakini benda antariksa tersebut kaya akan logam, karena sebagian besar materialnya besi dan nikel.

NASA mengatakan muatan material yang dikandung asteroid 16 Psyche itu terbilang langka beredar di Tata Surya, yang sejauh ini terdeteksi. Nilai materialnya memang mahal, itu sebabnya dijuluki harta karun luar angkasa.

Sebagai informasi, 16 Psyche adalah asteroid yang punya lebar 200 km. Saat ini, benda tersebut mengorbit di Matahari di antara Mars dan Jupiter.

Hal lain yang bikin penasaran NASA, 16 Psyche dipercayai terdapat inti sisa-sisa dari planet. Dengan melakukan penelitian terhadap asteroid, misteri tentang bagaimana Bumi dan planet lain terbentuk bisa terungkap.

Maka tak heran, NASA ngebet untuk mengirim pesawat ruang angkasa ke sana. Seperti dikutip dari laman Science Times, Rabu (11/8/2021) NASA berencana meluncurkan wahananya pada Agustus 2022.

Dengan harapan, pesawat ruang angkasa NASA itu mencapai asteroid 16 Psyche pada 2026.

[Gambas:Youtube]

Asteroid 16 Psyche pertama kali ditemukan oleh astronom Italia bernama Annibale de Fasparis pada 17 Maret 1852. Penamaan 16 Psyche terinspirasi dari mitologi Yunani, yaitu Dewi Jiwa.

Para ilmuwan mengklasifikasikan 16 Psyche sebagai tipe-M, di mana artinya bersifat metalik, tidak seperti kebanyakan asteroid yang berbatu atau sedingin es.

Mereka percaya bahwa asteroid 16 Psyche mewakili inti terbuka dari planet awal yang menumpahkan lapisan luarnya miliaran tahun lalu akibat tabrakan yang tak terhitung jumlahnya.



Simak Video "Dilacak NASA, Asteroid Bennu Diprediksi Bakal Melintas Dekat Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)