Mobil Listrik Lewat, Nih Kenalkan Pesawat Listrik!

Kendaraan Masa Depan

Mobil Listrik Lewat, Nih Kenalkan Pesawat Listrik!

Tim - detikInet
Sabtu, 27 Feb 2021 14:13 WIB
pesawat listrik
Canggih, Pesawat Listrik Sukses Mengudara (Foto: Slash Gear)
Jakarta -

Listrik semakin dipilih sebagai sumber tenaga kendaraan, tidak hanya di mobil tapi juga di pesawat terbang. Malah sepertinya, tak lama lagi kita sudah bisa melihat pesawat listrik mengangkasa.

Saat ini, sudah ada sejumlah perusahaan kedirgantaraan atau lembaga penerbangan yang mengembangkan pesawat listrik. Salah satunya adalah badan antariksa Amerika Serikat NASA. Mereka mengembangkan pesawat masa depan bertenaga listrik yang diperkenalkan pada 2019.

Hal ini menarik perhatian banyak pihak lantaran teknologi pesawat dengan listrik baru diperkenalkan oleh badan yang lebih dikenal mengurusi luar angkasa.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (26/2/2021) NASA pernah memamerkan model awal pesawat terbang bertenaga listrik pertama di dunia pada 2019 yang bernama X-57 Maxwell. Pada mesin utama pesawat listrik ini, dibenamkan 14 motor listrik yang ditenagai baterai ion lithium yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Meski baru pertama kali diperkenalkan kepada umum, pengembangan pesawat listrik ini rupanya sudah berjalan sejak 2015. Secara keseluruhan, desain X-57 Maxwell diadaptasi dari pesawat baling-baling bermesin ganda Tecnam P2006T buatan Italia.

Namun, dijelaskan NASA bahwa X-57 Maxwell masih memerlukan waktu sebelum melakukan tes terbang pertamanya. Untuk mengobati rasa penasaran akan pengalaman menggunakan pesawat listrik, untuk sementara waktu NASA membuat simulator yang memungkinkan para insinyur dan pilot merasakan seperti apa rasanya sensasi menerbangkan X-57 Maxwell.

Tidak hanya NASA yang mengembangkannya. Bahkan ada pesawat listrik yang sudah sukses mengudara. Tahun 2020 menandai keberhasilan pengembangan teknologi pesawat bertenaga listrik dengan suksesnya penerbangan Grand Caravan Cessna 208B. Pesawat komersial bertenaga listrik terbesar ini membuat rekor dengan terbang ke langit untuk pertama kalinya dan melakukan penerbangan tanpa emisi pada Mei 2020.

Grand Caravan Cessna 208B yang sudah sepenuhnya menggunakan tenaga listrik ini, lepas landas dari landasan pacu di Washington, AS pada 28 Mei 2020 waktu setempat, dan terbang selama 28 menit pada kecepatan 114mph (183 km per jam). Pesawat yang disebut juga sebagai eCaravan ini dapat menampung 10 hingga 14 penumpang, namun dalam uji penerbangan perdana ini, pilot akan membawa pesawat tanpa penumpang.

Halaman selanjutnya: Rencana komersial pesawat listrik...