SpaceX Akan Luncurkan Misi NASA Mengulik Sejarah Alam Semesta

ADVERTISEMENT

SpaceX Akan Luncurkan Misi NASA Mengulik Sejarah Alam Semesta

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 08 Feb 2021 05:18 WIB
benda luar angkasa
Ilustrasi luar angkasa. Foto: via Brainberries
Jakarta -

Salah satu misi NASA yang sangat penting akhirnya mendapatkan tumpangan. Badan antariksa AS tersebut menggandeng SpaceX untuk meluncurkan proyek astrofisika SPHEREx untuk mempelajari sejarah alam semesta.

Misi tersebut dijadwalkan akan meluncur menggunakan roket Falcon 9 paling cepat Juni 2024. SpaceX rela menunggu lama karena peluncuran ini nantinya akan menjadi salah satu misi paling bergengsi yang akan diterbangkan SpaceX.

SPHEREx (Spectro-Photometer for the History of the Universe, Epoch of Reionization, and Ices Explorer) adalah misi yang direncanakan beroperasi selama dua tahun dan harus menjawab beberapa pertanyaan dasar tentang alam semesta.

Misi ini akan membuat peta 3D cahaya inframerah jarak dekat yang dapat memberikan bukti inflasi kosmik dari sepersejuta detik setelah peristiwa Big Bang dan pembentukan bintang di galaksi paling awal. Misi ini juga akan mencari air dan molekul organik pada "pembibitan" bintang untuk menentukan bagaimana mereka bisa menyemai bahan-bahan untuk kehidupan.

Kontrak ekslusif untuk menerbangkan misi SPHEREx ini datang hanya beberapa bulan setelah SpaceX mendapat sertifikasi NASA untuk penerbangan astronot reguler. Pemerintah AS tampaknya jelas merasa nyaman memberikan proyek-proyek penting kepada perusahaan milik Elon Musk ini, termasuk proyek yang masih akan diluncurkan bertahun-tahun lagi.



Simak Video "NASA Sebut Jupiter Bisa Jadi Bintang Jika Ukurannya 80 Kali Lebih Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT