NASA Incar Asteroid Senilai 75 Ribu Kali Ekonomi Bumi

NASA Incar Asteroid Senilai 75 Ribu Kali Ekonomi Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 05 Feb 2021 08:40 WIB
Asteroid yang terdeteksi mendekati bumi
Ilustrasi asteroid. Foto: NASA
Jakarta -

Lembaga antariksa NASA sedang dalam tahap akhir persiapan pesawat antariksa yang akan menyambangi sebuah asteroid menarik yang bernama 16 Pshyche. Asteroid ini dipercaya mengandung bahan tambang melimpah dengan nilai luar biasa besar dan selain itu, dipandang berharga dari sisi sains.

"Setelah review intens tentang kemajuan misi ini dalam membuat instrumen ilmiah dan sistem teknisnya, maka misi Psyche sudah lolos menuju fase final operasionalnya menjelang peluncuran yang dijadwalkan pada Agustus 2022," sebut NASA.

Misi antariksa NASA kali ini memakan ongkos di kisaran USD 967 juta. Adapun riset pada asteroid tersebut dipercaya akan memberikan lebih banyak pemahaman ilmiah tentang bagaimana Bumi dan planet-planet lain terbentuk dahulu kala. Bukan itu saja yang menarik perhatian.

Seperti dikutip detikINET dari Forbes, 16 Psyche ada kemungkinan bernilai sampai 10 ribu quadrillion dolar. World Bank menghitung ekonomi dunia adalah USD 133 triliun di tahun 2019. Artinya, nilai asteroid itu 75 ribu kali lebih tinggi dari ekonomi global.

Kenapa bisa begitu berharga? 16 Psyche ini rupanya sangat kaya besi dan nikel. Ia berada di sabuk asteroid antara planet Mars dan Jupiter. Dengan diameter sekitar 226 kilometer, bisa jadi asteroid ini adalah planet mati yang kehilangan lapisan luarnya.

NASA ingin tahu seperti apa permukaannya, seberapa tua usianya dan membuktikan apakah benar 16 Psyche adalah inti planet awal dan apakah inti itu mirip dengan inti Bumi.

Walaupun sangat berharga, menambang asteroid adalah perkara sulit yang mungkin belum dapat dilakukan dengan teknologi sekarang. Lagipula jika materialnya itu diangkut ke Bumi, bisa jadi nilainya malah anjlok karena pasokan yang berlebihan.



Simak Video "NASA Akan Membawa Asteroid ke Bumi untuk Diteliti"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)