Hitung-hitungan Kecepatan Santa Claus Bagi Kado dalam Sains

Hitung-hitungan Kecepatan Santa Claus Bagi Kado dalam Sains

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 25 Des 2020 19:00 WIB
Santa Claus and Little girl,  Christmas Scene. Girl telling wish in Santa Clauss ear in front of Christmas tree
Kecepatan Santa Claus mengirim kado natal dalam sains. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Santa Claus ditunggu banyak anak di seluruh dunia karena membawa hal yang mereka cari -- kado natal! Terus bagaimana jadinya ya jika kemungkinan kecepatan pengirimannya dibahas dalam sains?

Ilmuwan yang telah meneliti sains Santa Claus setuju bahwa dia biasanya memiliki waktu sekitar 32 jam untuk mengirimkan hadiah kepada anak-anak di seluruh dunia. Dimulai di lokasi seperti Selandia Baru dan Australia, Santa Claus bekerja di seluruh dunia sampai dia menyelesaikan perjalanan pemberian hadiahnya di Alaska, Hawaii, dan tempat lain di Samudra Pasifik Barat.

Meski begitu, jika dia membatasi pemberian hadiahnya kepada anak-anak antara usia 0 sampai 14 tahun, dia masih harus mengunjungi rumah sekitar 1,93 miliar anak pada malam Natal. Namun, jumlah ini bisa dikurangi hingga 30 persen, jika ia membatasi kunjungannya hanya kepada anak-anak yang merayakan Natal.

Untuk mengunjungi rumah lebih dari 600 juta anak dalam kurun waktu 32 jam berarti Santa Claus harus melakukan perjalanan dengan kecepatan yang menakjubkan ke seluruh dunia. Ilmuwan berteori bahwa dia mengalami sesuatu yang disebut dilatasi waktu (time dilation) yang merupakan fenomena di mana waktu melambat untuk suatu objek semakin cepat ia bergerak.

Intinya, para ilmuwan mengatakan bahwa Santa Claus bergerak sangat cepat sehingga waktu benar-benar melambat baginya. Karena waktu melambat, dia punya lebih banyak waktu untuk mengirimkan hadiah. Pelebaran waktu juga berarti Sinterklas menua lebih lambat dari orang pada umumnya, yang berarti hari pengiriman hadiahnya tidak akan berakhir dalam waktu dekat!

Pada saat yang sama, para ilmuwan berteori bahwa Santa Claus mengalami fenomena yang disebut kontraksi waktu. Dengan kontraksi waktu, ukuran suatu benda berkurang semakin cepat ia bergerak.

Mengutip Tower Fast, Santa Claus perlu melakukan perjalanan dengan kecepatan lebih dari 10,7 juta kilometer per jam atau 1.800 mil per detik. Kecepatan ini tentunya tidak memperhitungkan pit stop yang harus dilakukannya untuk menggunakan kamar kecil atau untuk beristirahat dan memberi makan rusa kutubnya.

Ilmuwan yang telah memikirkan logistik Santa pun menaruh perhatian pada berat kereta luncur yang dibawa Santa. Kereta luncurnya diperkirakan memiliki berat sekitar 1,232 juta ton setelah terisi penuh dengan semua mainan yang akan dia angkut setiap tahun. Bobot ini juga memperhitungkan berat Santa serta bobot Dasher, Penari, dan sisa rusa kutubnya, yang masing-masing mungkin memiliki berat sekitar 600 pounds (272 kg).



Simak Video "Kapan Pertama Kalinya Bintang Bersinar?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)