Mengapa Aku Tidak Bahagia? - Halaman 2

Mengapa Aku Tidak Bahagia?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 23 Des 2020 05:40 WIB
Asian women are sitting hugging their knees in bed. Feeling sad, disappointed in love In the dark bedroom and sunlight from the window through the blinds.Vintage tone.
Ilustrasi tidak bahagia. Foto: iStock

3. Terlalu dikontrol oleh emosi sendiri

Ya, Anda harus bisa merasakan emosi yang ada, tetapi Anda tidak harus dikendalikan olehnya. Jika Anda membiarkan emosi negatif mengambil alih, ketidakbahagiaan pasti akan menyusul.

"Gunakan pikiran Anda sehingga berguna bagi Anda," psikolog Carolin Müller menjelaskan dalam sebuah wawancara dengan Insider.

"Dan lihat apa yang bisa dilakukannya, sungguh menakjubkan, Anda bisa memecahkan teka-teki yang paling menakjubkan, Anda bisa membuat teka-teki silang ... Kita bisa pergi ke Mars karena kita punya otak dan pikiran, namun itu juga membuat orang mengira mereka begitu tak berguna," ujarnya.

4. Dikelilingi hal negatif

"Anda harus berusaha untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang menginspirasi Anda, orang-orang yang membuat Anda ingin menjadi lebih baik," Travis Bradberry, penulis Emotional Intelligence 2.0, menjelaskan dalam sebuah artikel untuk Forbes.

"Siapapun yang membuat Anda merasa tidak berharga, cemas, atau tidak terinspirasi adalah membuang-buang waktu Anda dan, sangat mungkin, membuat Anda lebih seperti mereka. Hidup ini terlalu singkat untuk bergaul dengan orang-orang seperti ini. Lepaskan mereka dan lihat kecerdasan emosional Anda meningkat," sarannya.

(ask/fay)