Senin, 28 Okt 2019 07:16 WIB

Bangun Tidur Jangan Langsung Lihat HP! Ini Alasannya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Ilustrasi tertidur. Foto: iStock Ilustrasi tertidur. Foto: iStock
Jakarta - Smartphone sudah jadi bagian dari hidup. Bahkan sebuah studi menemukan, 61% orang mengaku langsung mengecek ponsel saat bangun tidur. Tapi hal itu sebenarnya tidak dianjurkan, karena bisa mempengaruhi suasana hati kalian seharian.

Ketika bangun tidur, otak berganti dari sesuatu yang disebut gelombang delta yang berkaitan dengan tidur dalam ke gelombang theta. Di tahapan ini, merupakan waktu yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan emosional, kreativitas, dan keterampilan memecahkan masalah, dan pada dasarnya mempersiapkan mood.

Namun, kita hanya memiliki waktu singkat untuk beralih ke theta ketika terbangun. Nah, dengan mengecek smartphone, hal ini bisa mengubah segalanya.

"Ketika kita bangun dan memeriksa smartphone kita, kita melewatkan tahap theta dan langsung menuju gelombang otak beta, yang pada dasarnya adalah tempat otak berada dalam mode stres tinggi," jelas seorang influencer ternama dan duta kesehatan mental, Chelsea Pottenger.


Pottenger mencontohkan, ketika kita memeriksa berita di pagi hari dan melihat informasi tentang serangan teroris misalnya, hal itu akan memulai respons stres fight-flight. Keadaan pikiran itu akan mengikuti kita sepanjang hari kita. Bawaannya jadi bad mood terus.

Lalu kapan kita boleh mulai membuka smartphone? Pottenger menyarankan, setidaknya menunggu selama delapan menit setelah terbangun dari tidur.


Kalian bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk berjalan kaki, menikmati air lemon dan kegiatan sehat lainnya seperti yoga atau meditasi. Lebih menyehatkan dan bermanfaat kan?

Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)