Planet Mirip Bumi Ada Banyak di Jagat Raya, Pindah Yuk!

Kehidupan di Luar Bumi

Planet Mirip Bumi Ada Banyak di Jagat Raya, Pindah Yuk!

Sabtu, 05 Des 2020 07:24 WIB
exoplanet
Planet Layak Huni Seperti Bumi Ada Banyak! Foto: Science Alert

Planet layak huni seperti Bumi nyatanya ada banyak sekali. Para astronom dan ilmuwan pun terus berupaya melakukan pencarian exoplanet atau planet-planet di luar tata surya kita.

Pada Oktober tahun ini, ilmuwan menemukan 24 exoplanet yang mereka yakini memiliki kondisi mirip Bumi, bahkan lebih cocok untuk dihuni dibandingkan dengan Bumi.

Dalam sebuah studi baru yang dipimpin oleh Washington State University, para peneliti merinci karakteristik planet-planet yang berpotensi 'dapat dihuni' ini.

Dikutip dari Mirror, Sabtu (5/12/2020) planet-planet tersebut berjarak lebih dari 100 tahun cahaya, tapi bisa menjadi harapan terbaik kita dalam menemukan kehidupan lain di luar Bumi.

"Dengan teleskop luar angkasa lebih canggih berikutnya, kita akan mendapatkan lebih banyak informasi. Jadi sangat penting untuk memilih beberapa target. Kita harus fokus pada planet tertentu yang memiliki kondisi paling menjanjikan untuk kehidupan yang kompleks," kata profesor Dirk Schulze-Makuch yang memimpin penelitian ini.

"Namun, kita harus berhati-hati agar tidak terjebak mencari Bumi kedua, karena mungkin ada planet yang lebih cocok untuk kehidupan daripada planet kita saat ini," sambungnya.

Planet-planet tersebut termasuk planet yang lebih tua, sedikit lebih besar, sedikit lebih hangat, dan mungkin lebih basah dari Bumi.

Menurut tim penelitian ini, kehidupan juga bisa lebih mudah berkembang di planet yang lingkarannya lebih lambat mengubah bintang dengan rentang hidup lebih lama dari Matahari kita.

Selanjutnya: Ada 6 Miliar Planet Mirip Bumi