10 Penyakit Aneh Tapi Nyata

10 Penyakit Aneh Tapi Nyata

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 03 Des 2020 10:08 WIB
Neglected lonely child against the white wall.  Little girl crying in the corner. Violence concept.
10 Penyakit Aneh Tapi Nyata. Foto: iStock
Jakarta -

Kondisi medis penyakit langka dan aneh biasanya ditampilkan di film-film atau cerita fiksi. Tapi nyatanya, memang ada penyakit-penyakit aneh semacam itu.

Beberapa penyakit langka ini bahkan tak hanya aneh tetapi juga menyeramkan. Berikut adalah 10 penyakit aneh tapi sungguhan ada di dunia nyata.

penyakit langkaFoto: Drewreportsnews

1. Delusi Cotard

Mereka yang menderita delusi Cotard yakin bahwa mereka sudah mati dan membusuk atau kehilangan bagian tubuhnya. Orang-orang ini menolak makan atau mandi karena khawatir semakin merusah tubuhnya yang membusuk. Penyakit ini adalah kondisi neuropsikiatri langka yang disebabkan oleh kegagalan area otak tertentu dalam mengenali emosi.

penyakit langkaFoto: Science Direct

2. Ensefalitis lethargica

Ensefalitis lethargica memunculkan perilaku neuropsikiatri yang aneh dan rasa kantuk yang hebat sehingga menyebabkan keadaan seperti koma. Selain itu gejala umum dari penyakit langka ini adalah kekakuan otot. Penyebab Ensefalitis lethargica hingga saat ini masih misterius. Pada sekitar tahun 1916-1930 diperkirakan setengah juta orang di Eropa terdampak epidemi ensefalitis lethargica.

penyakit langkaFoto: The New York Times

3. Sindrom Alice in Wonderland

Mereka yang mengalami sindrom ini merasa dirinya menyusut atau mengembang dengan cepat, dan percaya bahwa objek tampak lebih kecil dari yang sebenarnya. Penelitian mengenai sindrom ini mengaitkan kondisi tersebut dengan sakit kepala migrain. Lewis Carroll, penulis buku Alice in Wonderland, diyakini menderita migrain parah, dan kondisi tersebut mengilhaminya membuat cerita di buku tersebut.

penyakit langkaFoto: Science Focus

4. Sindrom kepala meledak

Penderita sindorm kepala meledak mengeluh sering mendengar suara yang sangat keras, mirip dengan suara tembakan atau benturan di kepala mereka sendiri. Jika tidak segera ditangani, kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan tidur yang parah.

penyakit langkaFoto: New Scientist


5. Analgesia kongenital

Analgesia kongenital adalah penyakit langka yang akan menghambat kemampuan individu untuk meraba dan merasakan sakit secara fisik. Kurangnya kesadaran akan rasa sakit ini sering menyebabkan penumpukan luka, memar, patah tulang, dan masalah kesehatan lainnya yang mungkin tidak terdeteksi.

Selanjutnya: Wabah Menari