Melacak Exoplanet yang Mungkin Jadi Tempat Tinggal Alien - Halaman 2

Melacak Exoplanet yang Mungkin Jadi Tempat Tinggal Alien

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 30 Okt 2020 12:44 WIB
Exoplanet Keppler-1649c
Ilustrasi salah satu exoplanet (Foto: NASA/Ames Research Center/Daniel Rutter)

Profil Planet Proxima B

"Impresi dari seniman ini menampakkan pemandangan permukaan dari planet Proxima B yang mengorbit bintang katai merah Proxima Centauri, yaitu bintang terdekat dengan Tata Surya kita. Proxima B sedikit lebih masif dari Bumi dan mengorbit di zona habitat Proxima Centauri," pungkas NASA.

Proxima Centauri 'hanya' berada 4,2 tahun cahaya dari Bumi, atau sekitar 40 triliun km. Anthony Del Genio, ilmuwan dari NASA Goddard Institute of Space Studies, pernah meneliti soal planet Proxima B.

"Pesan utama dari simulasi yang kami lakukan adalah terdapat peluang yang baik bagi planet tersebut untuk bisa dihuni," ujar Del Genio.

Meski demikian, masih banyak yang belum diketahui mengenai Proxima B. Del Genio sendiri yang mengakui hal tersebut. "Pertama, kami tidak tahu apakah Prox B memiliki atmosfer. Tanpa itu, kehidupan tidak akan eksis," ucapnya.

Teleskop super canggih James Webb yang akan mulai dioperasikan diharapkan dapat memberikan lebih banyak informasi soal exoplanet sehingga tanda lebih jelas jika ada kehidupan di sana dapat dipastikan.

(fyk/afr)