Jepang Pakai Kamera 8K untuk Amati Mars

Jepang Pakai Kamera 8K untuk Amati Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 15 Sep 2020 19:46 WIB
Jepang bawa kamera 8K ke mars
Jepang Akan Kirim Kamera 8K untuk Amati Mars Foto: JAXA/NHK
Jakarta -

Badan antariksa Jepang (JAXA) dan stasiun televisi Jepang NHK bekerjasama mengembangkan kamera berdefinisi tinggi 4K dan 8K untuk mengamati Mars dengan lebih detail lagi. Kamera ini akan menjadi bagian dari misi Martian Moons eXploration (MMX).

Dalam keterangan persnya, JAXA mengatakan 'Super Hi-Vision Camera' akan menangkap foto dan video Planet Merah dan kedua bulannya, Phobos dan Deimos, seperti dikutip detikINET dari Gizmodo, Senin (14/9/2020).

Setelah dipasang di wahana MMX, kamera ini akan mengambil foto Mars secara berkala dan dikirimkan sebagian ke Bumi untuk menciptakan 'gambar yang halus'. Sedangkan rekaman aslinya akan disimpan di kapsul dan akan dikirim kembali ke Bumi.

Untuk melindunginya dari radiasi luar angkasa, kamera canggih ini akan mendapatkan perlindungan khusus. Kamera ini akan dipasang di bagian samping dan bawah wahana MMX, untuk mengamati Mars dari orbit sekaligus merekam proses pendaratan di Phobos.

Selain merekam Mars dalam video, kamera ini juga akan membantu JAXA dan NHK untuk memvisualisasikan perilaku wahana ini dengan mengombinasikan data penerbangan dengan gambar beresolusi ultra tinggi. Kamera ini juga membantu JAXA untuk mengoperasikan wahana MMX.

"Dengan merekam misi MMX di sistem Mars, 300 juta km dari Bumi, dengan Super Hi-Vision Camera yang baru dikembangkan, JAXA dan NHK akan bekerjasama untuk menyampaikan dya tarik cakrawala baru yang tidak pernah dilihat secara detail sebelumnya, kepada banyak orang dengan cara yang vivid dan menginspirasi," kata JAXA dalam keterangannya.

JAXA akan meluncurkan misi MMX pada tahun 2024, dan akan tiba di Mars pada 2025. Jadi kita harus menunggu cukup lama untuk melihat video permukaan Mars dalam resolusi 8K.

Dengan foto yang sangat detail dan tajam, kamera ini bisa membantu ilmuean untuk mengungkap misteri sejarah Mars dan melihat lebih jelas bagaimana mikroba dan air bisa bertahan di permukaannya. Selain itu NHK akan memiliki stok video 8K Mars yang tidak akan bisa disamai stasiun televisi lainnya.



Simak Video "Penampakan Mars yang Pancarkan Sinar UV"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/asj)