Tenggak Hand Sanitizer, 4 Orang Tewas

Tenggak Hand Sanitizer, 4 Orang Tewas

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 07 Agu 2020 17:57 WIB
Pumping hand sanitizer into hand.
Hand sanitizer. Foto: iStock
Washington -

Hand sanitizer makin banyak dipakai orang saat pandemi Corona, tapi ya jangan diminum juga. Di Amerika Serikat 4 orang meninggal akibat minum hand sanitizer.

Sedikitnya 4 orang di Negeri Paman Sam meninggal dunia setelah dengan sembarangan minum hand sanitizer yang mengandung methanol, berdasarkan laporan dari lembaga kesehatan negara itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Sementara lusinan orang mengalami dampak kesehatan serius termasuk kebutaan.

Sebagian korban menenggak hand sanitizer sebagai pengganti alkohol. Padahal sebelumnya, Food and Drug Administration (FDA) menyatakan sekitar selusin produk hand sanitizer yang mengandung metanol, sejenis alkohol, dapat mengakibatkan pusing, kebutaan, bahkan kematian. Pendek kata, hand sanitizer semacam itu berbahaya dan bukan untuk diminum.

"Kebersihan tangan adalah komponen penting dalam respons AS terhadap kemunculan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan penyakit corona (COVID-19)," tulis CDC. Sayang, cukup banyak yang menyalahgunakannya.

Otoritas kesehatan AS telah mengidentifikasi 15 orang dewasa di Arizona dan New Mexico terpaksa dirawat di rumah sakit antara 1 Mei dan 30 Juni. Usia mereka antara 21 sampai 65 tahun dan semuanya minum hand sanitizer sebelum dilarikan ke RS.

Enam pasien menderita kejang-kejang. Tujuh pasien akhirnya diperbolehkan keluar dari rumah sakit, namun tiga di antaranya kehilangan penglihatan, ada yang hampir buta. Sedangkan 4 orang meninggal dunia dan 4 lainnya sejauh ini masih mendapatkan perawatan medis.

"Hal ini memperlihatkan dampak serius kesehatan, termasuk juga kematian, yang bisa terjadi setelah meminum produk hand sanitizer berbasis alkohol yang mengandung methanol," sebut CDC seperti dikutip detikINET dari Live Science.

CDC pun kembali memperingatkan pada siapapun agar jangan pernah menelan produk hand sanitizer dengan alasan apapun. Dalam beberapa kasus khususnya anak-anak, mereka mungkin menelannya dengan tidak sengaja. Akan tetapi orang dewasa, biasanya yang hobi minum alkohol, kemungkinan melakukannya dengan sengaja.

Meski methanol memang salah satu alkohol, ia sangat beracun. Tubuh manusia menjadikan metanol sebagai formic acid, yang sangat beracun bagi sel, termasuk yang berada di mata. Jadi jangan sampai hand sanitizer masuk ke dalam tubuh.

Memasukkan zat pembersih ke dalam tubuh demi mencegah Corona adalah ide konyol dan berbahaya. Tapi jangan salah, Presiden AS Donald Trump pernah mengusulkan suntik disinfektan.



Simak Video "Polda Gorontalo Sulap Miras Jadi Hand Sanitizer"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)