Rusia Bersiap Vaksinasi COVID-19 Massal Oktober 2020

Rusia Bersiap Vaksinasi COVID-19 Massal Oktober 2020

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 03 Agu 2020 06:36 WIB
1248769314
Rusia Siap Produksi Massal Vaksin COVID-19 Oktober 2020. Foto: Pedro Vilela/Getty Images
Jakarta -

Rusia dilaporkan telah menyelesaikan uji klinis untuk vaksin virus Corona yang dikembangkannya. Pihak berwenang Rusia mengatakan vaksin ini segera disetujui dan mempersiapkan kampanye vaksinasi massal.

Pejabat berwenang Rusia mengatakan, mereka berharap tanggal 10 Agustus atau lebih awal, bisa segera menyetujui vaksin yang dikembangkan oleh Gamaleya Institute yang berbasis di Moskow ini.

"Ini momen Sputnik," kata Kirill Dmitriev, kepala pendanaan Rusia yang menandai riset vaksin. Dmitriev menyamakan momen ini dengan merujuk pada kesuksesan peluncuran satelit pertama dunia buatan Uni Soviet di tahun 1957.

"Orang Amerika terkejut ketika mereka mendengar Sputnik berbunyi 'bip'. Momen tersebut sama halnya dengan vaksin ini. Rusia akan lebih dulu sampai di sana," sambungnya seperti dikutip dari CNN.

Ketika sudah disetujui, para petugas medis diutamakan melakukan vaksinasi pertama, dengan pertimbangan mereka adalah garda terdepan yang harus didahulukan dalam situasi ini.

"Kami merencanakan vaksinasi yang lebih luas pada bulan Oktober," kata Menteri Kesehatan Mikhail Murashko.

Terlepas dari masih adanya kekhawatiran tentang keamanan, keefektifan dan kecurigaan Rusia mengambil jalan pintas, setidaknya seperti dikatakan pejabat Rusia, ada 20 negara yang berusaha mendapatkan vaksin virus Corona tersebut di antaranya India, Brasil, Arab Saudi, dan sejumlah perusahaan AS.

Namun sejauh ini, Rusia belum merilis data ilmiah tentang pengujian vaksinnya. CNN pun tidak dapat memverifikasi klaim keamanan atau keefektifannya. Tak hanya itu, muncul juga kekhawatiran bahwa pengujian vaksin terhadap manusia yang dilakukan Rusia belum lengkap.

Sejumlah kritikus berpendapat, desakan pengembangan vaksin virus corona ini tak hanya karena situasi pandemi, tetapi juga karena tekanan politik dari pemerintahan Kremlin yang ingin menggambarkan Rusia sebagai kekuatan ilmiah global.



Simak Video "Ratusan Juta Vaksin Virus Corona Diprediksi Siap Akhir 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)