Ilmuwan Tak Sengaja Ciptakan Ikan Tongkol Bertampang Aneh

Ilmuwan Tak Sengaja Ciptakan Ikan Tongkol Bertampang Aneh

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 24 Jul 2020 09:24 WIB
hewan langka
Ilmuwan Tak Sengaja Ciptakan Ikan Tongkol Bertampang Aneh. Foto: Research Institute for Fisheries and Aquaculture
Jakarta -

Ikan yang tampak pada foto ini memang terlihat aneh. Ada yang tahu ikan apa ini? Wajar kalau tidak ada yang mengenalinya, karena ikan ini merupakan hibrida atau percampuran yang dibuat oleh sekelompok ilmuwan.

Dikutip dari Cnet, ikan bertampang aneh ini merupakan percampuran antara paddlefish Amerika dan sturgeon Rusia. Keduanya merupakan ikan yang terancam punah, menurut catatan International Union for the Conservation of Nature.

Paddlefish Amerika dan sturgeon Rusia tidak pernah ditakdirkan untuk kawin. Tetapi ketika para ilmuwan secara tidak sengaja menghasilkan hibrida baru dari keduanya, lahirlah semacam ikan tongkol jenis baru.

hewan langkaFoto: Research Institute for Fisheries and Aquaculture

Untuk diketahui, sturgeon Rusia dikenal dengan produksi telurnya. Telur sturgeon Rusia biasa dijual untuk kaviar kelas premium. Sedangkan paddlefish Amerika yang bermoncong panjang, hanya dapat ditemukan di setengah wilayah AS. Kedua spesies ini disebut sebagai 'ikan fosil' karena terhubung dengan garis keturunan purba dan evolusinya lambat.

Karena populasi kedua spesies ikan ini dalam bahaya, para ilmuwan penasaran apakah ikan sturgeon dan paddlefish dapat dikembangbiakkan di penangkaran atau tidak.

Menggunakan metode gynogenesis, reproduksi aseksual yang membutuhkan kehadiran sperma tanpa kontribusi DNA, para peneliti secara tidak sengaja menggunakan sperma paddlefish untuk membuahi telur sturgeon. Ternyata, hibridisasi ini berhasil.

Ikan hibrida menetas dari telur, dan para peneliti memisahkan mereka menjadi dua kelompok. Beberapa sturddlefish yang memiliki DNA ibu dua kali lebih banyak, terlihat lebih mirip sturgeon daripada paddlefish. Kelompok kedua, ikan yang memiliki jumlah DNA ibu dan ayah yang sama, tampak seperti campuran yang sama dari kedua spesies.

hewan langkaFoto: Research Institute for Fisheries and Aquaculture

Temuan ini dituliskan ilmuwan Attila Mozsár dari Research Institute for Fisheries and Aquaculture, Hungaria, bersama timnya yang ikut mengembangkan ikan hibrida ini dalam jurnal ilmiah Genes bulan ini.

Studi ini menandai hibridisasi pertama yang berhasil antara dua spesies ini, sturgeon Rusia (Acipenser gueldenstaedtii) dan paddlefish Amerika (Polyodon spathula), dan di antara anggota keluarga Acipenseridae dan Polyodontidae.

"Kami tidak bermaksud mencoba-coba. (Kemunculan) ikan ini benar-benar tidak disengaja," ujarnya kepada The New York Times.

Meski sturddlefish menjanjikan kemungkinan dua spesies digabungkan, jangan berpikir bahwa serbuan sturddlefish akan memenuhi perairan dalam waktu dekat.

Kebanyakan hibrida buatan manusia seperti ikan ini steril dan tidak dapat bereproduksi di alam liar. Jadi untuk saat ini, ikan tongkol unik bertampang aneh adalah keanehan ilmiah belaka.

[Gambas:Youtube]




(rns/rns)