Benua Kedelapan Bumi yang Misterius Berhasil Dipetakan

Benua Kedelapan Bumi yang Misterius Berhasil Dipetakan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 26 Jun 2020 05:32 WIB
Zealandia
Peta Zealandia di bawah Selandia Baru. Foto: CNN
Auckland -

Di bawah Selandia Baru, terhampar benua luas yang hilang, tenggelam di dasar lautan. Benua kedelapan Bumi ini disebut sebagai Zealandia atau Te Riu-a-Maui dalam bahasa Maori, penduduk asli Selandia Baru.

Seperti dikutip detikINET dari NBC, hampir 95% tanah benua itu berada jauh di kedalaman lautan Pasifik. Zealandia diperkirakan seluas 5 juta kilometer persegi di timur Australia, bawah Selandia baru.

Para ilmuwan menemukannya pada tahun 1990-an dan menyebutnya sebagai benua pada tahun 2017. Akan tetapi, masih banyak yang belum diketahui dari benua ini dan studi tentangnya masih minim. Bisa ditebak, itu lantaran lokasinya sulit dijangkau.

Nah, lembaga riset GNS Science berharap Zealandia makin dikenal dengan memetakan benua itu dalam detail yang bagus. Terlihat dalam peta ini bentuk dasar lautan dan pengetahuan tektonik Selandia Baru, yang juga dapat membantu menelusuri asal muasal terbentuknya Zealandia.

Menariknya lagi, orang dapat mengeksplorasi peta Zealandia itu dengan mengakses peta interaktif. "Kami membuat peta itu untuk memberi gambaran akurat, komplet dan terkini tentang geologi Selandia Baru dan area selatan Pasifik," jata Dr Nick Mortimer, kepala riset ini.

ZealandiaZealandia Foto: CNN

Nama Zealandia pertama kali diberikan oleh ahli geofisika Bruce Luyendyk pada tahun 1995. Dipastikan area ini cukup besar sehingga dapat dikategorikan sebagai sebuah benua.

Zealandia dahulu kala pernah jadi bagian Gondwana, benua super yang juga merupakan induk dari Afrika dan Amerika Selatan. Nah menurut ilmuwan, sekitar 85 juta tahun silam Zealandia terpisah dari Gondwana.

Zealandia kemudian pernah menjadi rumah bagi dinosaurus dan banyak hutan hujan lebat. Jutaan tahun kemudian berlalu, lempeng tektonik Bumi berubah dalam masa perubahan geologi yang dramatis, ketika Ring of Fire juga terbentuk.

Pada saat itu, lempeng Pasifik diyakini tenggelam di bawah Zealandia. Proses tersebut membuat benua itu juga ikut tenggelam sehingga menghilang.

Sebagian besar Zelandia berada di bawah laut, tapi beberapa bagiannnya masih berada di atas, membentuk Selandia Baru dan beberapa pulau kecil. Titik tertinggi Zealandia adalah gunung Cook setinggi 3.742 mdpl.



Simak Video "Selandia Baru Berhasil Tekan Penyebaran Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)