2019 Tahun Terpanas Kedua Sepanjang Sejarah, Kata NASA

2019 Tahun Terpanas Kedua Sepanjang Sejarah, Kata NASA

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 20 Jan 2020 15:22 WIB
Bumi mengalami peningkatan suhu, 2019 disebut sebagai tahun kedua terpanas sepanjang sejarah. Foto: NASA via Getty Images
Jakarta - Tahun 2019 disebut sebagai tahun terpanas kedua sepanjang catatan yang dikeluarkan oleh studi dari NASA dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Setiap studi membandingkan data temperatur Bumi 2019 dengan catatan sejarah para ilmuwan, yang dimulai pada 1880. Analisis menunjukkan bahwa lima tahun terpanas yang tercatat adalah lima tahun yang dimulai pada 2015.

"Dekade yang baru saja berakhir jelas merupakan dekade terpanas," ujar Gavin Schmidt, direktur Goddard Institute untuk Studi Antariksa NASA di New York dalam sebuah pernyataan.

"Setiap dekade sejak 1960-an jelas lebih hangat dari yang sebelumnya," lanjutnya seperti dikutip dari Live Science.


Temuan ini bisa dibilang menjadi bukti telah adanya cuaca ekstrem di Bumi. Perubahan suhu, termasuk kenaikan suhu permukaan global rata-rata, hanyalah satu sisi dari perubahan ini.

Dalam pernyataan tersebut, Schmidt mengatakan Bumi mengalami peningkatan panas lebih dari 2 derajat Fahrenheit (lebih dari 1,1 derajat Celcius) pada 2015 dan angka ini kemungkinan besar tidak dapat kembali seperti semula.

Terakhir, ia pun menekankan fenomena ini menunjukkan bahwa apa yang terjadi adalah persisten, bukan kebetulan karena beberapa fenomena cuaca. Hal ini sejalan dengan meningkatnya tingkat gas rumah kaca di atmosfer yang bisa jadi menjadi salah satu penyebabnya.



Simak Video "Pemanasan Global, Lapisan Es Greenland dan Antartika Menipis Drastis"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)