Kamis, 11 Jul 2019 12:00 WIB

Bukan Alien, Hewan 'Bertentakel' Ini Sudah Gegerkan Medsos

Aisyah Kamaliah - detikInet
Bukan alien, penampakan ini diduga kuat sebagai ngengat. (Foto: Internet) Bukan alien, penampakan ini diduga kuat sebagai ngengat. (Foto: Internet)
Jakarta - Netizen sempat digegerkan penampakan mahluk "bertentakel" dalam video viral di media sosial (medsos) beberapa waktu lalu. Banyak yang keheranan dan bahkan ada yang percaya itu adalah hewan yang tercipta karena mutasi genetik.

"Ada alien," tulis salah satu warganet.

Namun, sebenarnya hewan apakah itu?

detikInet pun menghubungi Peneliti Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Rosichon Ubaidillah, untuk mengetahui lebih lanjut. Ia menduga, hewan tersebut adalah ngengat Creatonotos gangis yang sedang mengeluarkan feromon.

Prof Rosichon pun menuturkan meskipun bentuknya mengerikan, ngengat tidaklah mengeluarkan racun yang berbahaya.

"Hanya bentuknya bisa semengerikan. Kadang menjulurkan semacam tentakel, yang jumlahnya empat, keluar dari ujung abdomennya (perut). Pada tentakel tersebut keluar feromon (bahan kimia tertentu) untuk memanggil lawan jenisnya," tuturnya.




Ngengat ini tersebar mulai Asia Tenggara hingga Australia. Penelitian menunjukkan larvanya memakan tanaman delima Punica (Lythraceae) subfamily Punicoideae.

Hal senada diutarakan oleh Hari Sutrisno, peneliti entomologi dari LIPI. Menurut Hari pula, kasus ini bukanlah yang pertama kali menghebohkan masyarakat.

"Itu ngengat, kupu malam. Ya, itu umum saja ada di kita karena orang jarang lihat saja (jadi heboh --red)," ungkap Hari.

"Tapi kasus ini pernah dimuat 2-3 tahun lalu, ada binatang bertentakel. Biasa saja, tidak beracun, itu adalah salah satu alat yang digunakann serangga untuk menarik lawan jenisnya," tandasnya.




Simak Video "Viral HP Siswa Ponpes di Ponorogo Dihancurkan Pakai Palu"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed