Review Xiaomi 12, HP Flagship yang Mungil

Review Xiaomi 12, HP Flagship yang Mungil

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 09 Apr 2022 20:15 WIB
Unboxing Xiaomi 12
Xiaomi 12. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Xiaomi 12 adalah satu dari dua HP flagship yang sudah dirilis Xiaomi di Indonesia. Berbeda dengan Xiaomi 12 Pro yang ukurannya normal, Xiaomi 12 tampil dengan dimensi yang mungil. Tak lazim untuk sebuah HP kekinian keluaran 2022.

Meski mungil, ukuran layarnya tak kecil-kecil amat kok. Begitu juga baterainya, untuk ponsel seukurannya bisa dibilang kapasitas yang dimiliki sangat besar. Jadi, bagaimana performa Xiaomi 12? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Desain

Dengan dimensi 152,7 x 69,9 x 8,1 mm dan bobot 180gram, dan layar 6,28 inch, Xiaomi 12 sebenarnya tak tak terlalu kecil. Namun untuk ukuran ponsel flagship Android kekinian, ini adalah ukuran yang sangat compact. Jari pengguna tak perlu terlalu direnggangkan terlalu jauh untuk bisa mencapai pinggir layar.

Unboxing Xiaomi 12Xiaomi 12 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Ditambah lagi, layar dan bodi belakangnya yang cukup melengkung membuatnya nyaman di genggaman (meski tak nyaman dipakai menonton atau bermain game). Syukurlah Xiaomi tak mengikuti desain pinggiran rata seperti di kebanyakan ponsel lain, termasuk seri Redmi Note 11.

Unboxing Xiaomi 12Xiaomi 12 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Lengkungan ini relatif mirip dengan dua pendahulunya, yaitu Mi 10 dan Mi 11, dua ponsel flagship Xiaomi pendahulu Xiaomi 12. Lalu soal warna, pilihan warna Xiaomi 12 lebih "dewasa" dibanding keduanya itu, terutama varian warna grey yang pada unit review yang kami terima.

Unboxing Xiaomi 12Xiaomi 12 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Bodi belakangnya berbahan metal yang tak mengkilat dan tak mudah menyimpan noda sidik jari. Menurut saya, bodi belakang di Xiaomi 12 dengan warna grey ini tak licin.

Modul kamera juga menjadi penarik perhatian utama dari bagian belakang bodi Xiaomi 12. Berbentuk persegi panjang, dimensi besar, juga dengan bulatan lensa yang sangat besar, setidaknya pada kamera utama, yang terjadi karena ukuran sensor kamera utamanya memang besar, yaitu 1/1,56".

Unboxing Xiaomi 12Xiaomi 12 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Oh ya, Xiaomi 12 ini menggunakan sensor sidik jari di bawah layar. Bukan di tombol power seperti lini ponsel Xiaomi lain. Di bagian bawah bodi ada port USB-C, lubang speaker dan mikrofon, serta slot untuk dua kartu SIM, tanpa kehadiran slot microSD.

Lalu di bagian atas ada lubang mikrofon dan juga speaker (lengkap dengan label Harman Kardon), dan juga IR blaster yang jadi ciri khas Xiaomi. Oh ya, lubang speaker ini ada di bagian atas dan bawah kiri.

Jadi jika dipakai dalam posisi horizontal, bagian bawah ponsel harus ada di bagian kiri agar lubang speaker ini tidak tertutup tangan. Posisi ini, menurut saya, agak tak lazim. Terlebih lagi berarti modul kameranya agak mengganjal di tangan karena memang cukup tebal.

Unboxing Xiaomi 12Xiaomi 12 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Bahasan layar, baterai dan performa di halaman selanjutnya