Review Galaxy S22 Ultra, Mirip Galaxy Note Rasa Baru - Halaman 3

Review Galaxy S22 Ultra, Mirip Galaxy Note Rasa Baru

ADVERTISEMENT

Review Galaxy S22 Ultra, Mirip Galaxy Note Rasa Baru

Rachmatunnisa, Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 05 Mar 2022 15:05 WIB
Galaxy S22 Ultra
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Baterai dan Performa

Sepanjang pemakaian Galaxy S22 Ultra, ponsel terasa semulus yang diharapkan dari smartphone kelas atas. Membuka aplikasi sangat responsif dan cepat, begitu juga ketika bergeser di antara layar dan menu terasa lancar, main game pun tidak ada lag sama sekali.

Performa ponsel pastinya tak lepas dari peran otak yang dibenamkan. Samsung memodali Galaxy S22 Ultra dengan Snapdragon 8 Gen 1, chipset tergahar saat ini besutan Qualcomm. DetikINET sempat melakukan benchmark, nilainya tinggi.

Samsung Galaxy S22 UltraSamsung Galaxy S22 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Sedangkan untuk ketahanan baterai, memang ada peningkatan dari Galaxy Note 20 Ultra yang punya kapasitas 4.500 mAh. Tapi bila dibandingkan baterai Galaxy S21 Ultra masih sama-sama berdaya tampung 5.000 mAh.

Meski demikian, kemampuan baterai ini sudah cukup untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari. Dengan kapasitas tersebut, perangkat bisa bertahan sekitar satu setengah hari.

Perlu diingat bahwa daya tahan baterai akan bervariasi tergantung pada banyak faktor, termasuk pengaturan seperti kecerahan layar dan aplikasi apa saja yang kita gunakan.

Samsung memberikan peningkatan kemampuan pengisian cepat pada Galaxy S22 Ultra. Dengan fast charging 45W, ponsel dapat terisi penuh dalam 75 menit.

Tapi perlu dicatat, dalam paket pembelian Samsung tidak menyertakan adaptor charger sehingga pengguna harus membeli sendiri. Nah, pastikan membeli charger yang mendukung pengisian cepat di atas 45W.

Opini detikINET

Samsung Galaxy S22 UltraSamsung Galaxy S22 Ultra Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Samsung Galaxy S22 Ultra menjadi ponsel paket lengkap. Kinerjanya pun kencang berkat sokongan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Layar dan speakernya pun asik untuk menikmati konten, baik streaming ataupun main game.

Adanya S Pen membuat Galaxy S22 Ultra pembeda dari lainnya. Tidak sekadar untuk menulis catatan, lebih dari itu S Pen bantu pengguna membuat sketsa dan gambar, mengedit video dan lainnya.

Kameranya pun mumpuni untuk memotret maupun merekam video di kondisi minim cahaya. Galaxy S22 Ultra pun bisa diandalkan untuk produktivitas berkat adanya Samsung DeX dan Link to Windows.

Terlepas dari keunggulan tadi, Galaxy S22 Ultra terasa besar dan berat. Kendati terlihat premium dan kokoh, desainnya agak membosankan karena mengulang dari Galaxy Note 20 Ultra.

Andaikata Samsung masih mengadopsi contour cut mungkin memberikan kesan yang berbeda. Dan satu lagi, Galaxy S22 Ultra masih dipenuhi banyak aplikasi bawaan yang tidak dipakai.

(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT