Review Galaxy S22 Ultra, Mirip Galaxy Note Rasa Baru

Review Galaxy S22 Ultra, Mirip Galaxy Note Rasa Baru

ADVERTISEMENT

Review Galaxy S22 Ultra, Mirip Galaxy Note Rasa Baru

Rachmatunnisa, Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 05 Mar 2022 15:05 WIB
Galaxy S22 Ultra
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Dimatikannya seri Galaxy Note tentu membuat sedih para fans perangkat ini. Namun Samsung rupanya sudah menyiapkan penggantinya dengan merilis Galaxy S22 Ultra. Kenalin nih, Galaxy Note "rasa" baru.

Menyebut Galaxy S22 Ultra mirip Galaxy Note bukan tanpa alasan. Tampilannya memang mengadopsi desain ikonik dari seri Galaxy Note dengan ciri khas stylus S Pen yang menyatu dengan bodinya.

Simak kesan detikINET saat menggunakan Galaxy S22 Ultra dalam sepekan.


Desain

Galaxy S22 Ultra mengadopsi desain Galaxy Note. Ini bisa dilihat dari sisi membulat di sisi kiri dan kanan, dan punya tepian atas bawah berbentuk persegi. Dan tentu saja kehadiran S Pen yang terintegrasi dalam bodi makin menguatkan hal tersebut.

Galaxy S22 UltraGalaxy S22 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bila disandingkan dengan Galaxy Note 20 Ultra niscaya Galaxy S22 Ultra langsung disebut sang penerusnya. Ya walaupun saat digunakan kita akan merasakan unsur-unsur Galaxy S Series ada di dalamnya.

Galaxy S22 Ultra terasa besar dan berat, sehingga agak kikuk ketika coba menggenggamnya dengan satu tangan. Bagi pengguna Galaxy Note 20 Ultra mungkin sudah terbiasa dengan dimensinya, namun mereka harus sedikit menyesuaikan dengan bobotnya karena Galaxy S22 Ultra lebih berat 20 gram.

Bicara bagian belakang, tampak empat kamera Galaxy S22 Ultra tertanam langsung pada bodi ponsel. Desain kamera ini dibuat tampil beda dibandingkan dengan Galaxy S22 dan Galaxy S22 plus yang masih menggunakan contour cut seperti seri Galaxy S21.

Warna Burgundy yang detikINET review memang begitu menawan di mata. Lapisan matte yang menyelimuti bagian belakang ponsel ini bikin bebas noda sidik jari.

Hanya saja body Galaxy S22 Ultra terasa licin. Walaupun Samsung mengklaim ponselnya ini kokoh karena menggunakan rangka Armor Aluminium dan terlindung Gorilla Glass Victus Plus, sangat disarankan untuk menggunakan case agar menghindari S22 Ultra tergelincir dari genggaman tangan.

Posisi tombol power tepat di atas tengah tepi kanan sehingga mudah dijangkau jempol saat menggenggam pakai tangan kanan atau telunjuk saat berada di tangan kiri. Di atas tombol power terdapat tombol pengaturan daya.

Samsung menempatkan slot SIM Card di bagian atas Galaxy Note 20 Ultra, kini dipindahkan ke bagian bawah. Ketika membukanya baiknya berhati-hati, pastikan menyolok pada lubang yang benar. Sebab di sebelah slot tersebut ada lubang mikrofon yang berukuran mirip. Ini beresiko merusak mikrofon bila pengguna salah menyoloknya.

S Pen

Ini dia, fitur yang membuat Galaxy S22 Ultra terasa seperti pengganti Galaxy Note, apalagi kalau bukan S Pen. Di Galaxy S21 Ultra, S Pen dibeli secara terpisah. Sedangkan Galaxy S22 Ultra menyertakan S Pen tertanam di bodi ponsel seperti Galaxy Note.

Samsung mengatakan telah meningkatkan kemampuan S Pen di Galaxy S22 sehingga mengurangi latensinya. Klaim ini tampaknya terbukti. Dibandingkan S Pen model lama, stylus di Galaxy S22 Ultra terasa sangat responsif dan mulus bernavigasi saat digunakan.

Galaxy S22 UltraGalaxy S22 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

detikINET menggunakannya untuk menulis, mencatat, bahkan menggambar dan mewarnai. Rasanya hampir seperti sensasi menorehkan pensil atau pulpen di atas kertas. Lagi-lagi, bagi yang pernah memegang Galaxy Note, pengalaman keseluruhan terasa seperti perangkat tersebut.

Fungsi mengubah coretan menjadi teks pun dipertahankan, bahkan ditingkatkan karena S Pen yang lebih responsif. Ketika sedang terburu-buru dan ingin segera menuliskan catatan misalnya, kita bisa langsung mengeluarkan S Pen dan langsung mencoret-coret, bahkan ketika layar ponsel terkunci. Coretan ini nantinya bisa diubah menjadi teks.

Sama seperti di seri Galaxy Note terakhir, S Pen ini pun bisa dipakai sebagai remote control smartphone, misalnya untuk menekan tombol shutter kamera saat berfoto dari kejauhan.

Layar

Layar Galaxy S22 Ultra menjadi salah satu yang terbesar di pasaran, bahkan ukurannya melebihi iPhone 13 Pro Max. Menggunakan panel Dynamic AMOLED 6,8 inch dengan resolusi 3.088 x 1.440 pixel dan refresh rate dinamis 1~120Hz

Galaxy S22 UltraGalaxy S22 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Berkat tingkat kecerahan hingga 1.750 nit dan adanya fitur Vision Booster bikin layarnya tampak cerah. Padahal kami menyetel pengaturan brightness atau tingkat kecerahan layar di angka 50% bahkan di bawahnya. Bahkan pada kondisi di bawah sinar Matahari langsung, layar ponsel tetap nyaman dilihat.

Layar besar Galaxy S22 Ultra memuaskan saat digunakan streaming video. Ponsel ini mampun menampilkan warna yang memukau, hitam pekat, dan semua fitur - termasuk HDR10+ dan Dolby Atmos - disediakan untuk pengalaman multimedia yang lebih maksimal. Apalagi ditunjang dengan speaker stereo yang dimiliki dukungan Dolby Atmos.

Di layar bagian bawah kita akan menemukan sensor sidik jari ultrasonik yang sama dengan yang ada di ponsel premium Samsung sebelumnya. Namun raksasa teknologi asal Korea Selatan ini mengatakan algoritme telah ditingkatkan lebih lanjut.

Jujur kami tidak merasakan perbedaan. Bukan berarti menjadi kekurangannya, sebab kerja sensor sidik jari di S22 Ultra sama cepatnya dengan S21 Ultra. Hanya perlu satu sentuhan untuk mengenali sidik jari, dan posisi sensor sangat nyaman dijangkau jari.

Selanjutnya: Kamera

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT