Review Galaxy S20 FE, Flagship Terjangkau Bukan Hanya untuk Fans - Halaman 3

Review Galaxy S20 FE, Flagship Terjangkau Bukan Hanya untuk Fans

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 20 Okt 2020 07:17 WIB
Galaxy S20 FE
Samsung Galaxy S20 FE, Flagship Terjangkau Bukan Hanya untuk Fans Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Performa dan Baterai

Sama seperti saudara lainnya, Samsung membekali Galaxy S20 FE dengan prosesor Exynos 990. Hanya varian yang diluncurkan di Amerika Serikat dan China saja yang menggunakan Snapdragon 865.

Jeroan ini dipadukan dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB. Ada juga slot microSD yang bisa digunakan jika dirasa kurang. Tapi slot yang disediakan adalah slot hybrid sehingga harus memilih antara menggunakan dua kartu SIM atau satu kartu SIM dan microSD.

Dengan konfigurasi seperti ini Galaxy S20 FE sangat mumpuni untuk penggunaan sehari-hari. Multitasking dan berpindah aplikasi bisa dijalankan dengan sangat mulus tanpa kendala, apalagi didukung dengan layar 120 Hz.

Saya mencoba memainkan beberapa game untuk melihat bagaimana kinerja gamingnya. Saat digunakan untuk memainkan PUBG Mobile, Galaxy S20 FE dengan mudah menjalankannya dengan kualitas grafis HDR dan frame rate High tanpa hambatan apapun.

Ketika frame ratenya dinaikkan ke level Ultra (pengaturan tertinggi yang tersedia) baru gameplay mulai terasa sedikit tersendat dan harus diturunkan kualitasnya agar bisa bermain dengan lancar.

Samsung juga menyertakan fitur Game Booster yang bisa membuat pengalaman saat bermain game menjadi lebih optimal. Fitur ini bisa memonitor temperatur dan memori ponsel, memblokir notifikasi, mengukur konsumsi baterai dan lain-lain.

Perlu dicatat bahwa bagian belakang ponsel cepat terasa hangat saat digunakan untuk melakukan aktivitas yang berat misalnya memainkan game. Tapi rasa hangat yang dikeluarkan tidak sampai mengganggu kenyamanan saat menggunakan ponsel.

Berikut hasil benchmark Galaxy S20 FE menggunakan AnTuTu, Geekbench dan PCMark:

Galaxy S20 FEGalaxy S20 FE Foto: Screenshot

Untuk mendukung kinerjanya sehari-hari, Samsung membekali Galaxy S20 FE dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh. Ponsel ini mendukung pengisian cepat 25W, tapi anehnya Samsung hanya menyertakan charger 15W dalam kotak penjualannya.

Jadi cukup sulit mengukur bagaimana kecepatan pengisian baterai di ponsel ini jika menggunakan charger yang sesuai. Tapi dengan charger bawaannya, Galaxy S20 FE bisa mengisi daya dari 15% hingga penuh dalam waktu sekitar 75 menit.

Ponsel ini juga memiliki fitur wireless charging dan reverse wireless charging. Jadi dalam keadaan darurat kalian cukup menempelkan ponsel atau aksesoris yang mendukung wireless charging ke bagian belakang Galaxy S20 FE untuk mengisi dayanya.

Dalam penggunaan sehari-hari yang mencakup chatting, browsing website dan media sosial, main game selama satu jam, serta nonton video di YouTube, baterai Galaxy S20 FE bisa bertahan dari pagi hingga malam hari.

Konsumsi baterai tentu tergantung dengan refresh rate yang digunakan. Tapi dengan refresh rate 120 Hz yang diaktifkan sepanjang waktu, baterai Galaxy S20 FE tetap awet seharian.

Berikut hasil benchmark baterai Galaxy S20 FE menggunakan aplikasi PCMark. Hasil di sebelah kiri didapat dengan refresh rate 120 Hz aktif, dan satunya didapat dengan refresh rate 60 Hz.

Galaxy S20 FEGalaxy S20 FE Foto: Screenshot

Opini detikINET

Sebagai ponsel flagship dengan harga yang lebih terjangkau dibanding saudaranya, Galaxy S20 FE terbilang paket lengkap. Samsung mungkin harus mengorbankan beberapa aspek yang menjadi jagoan Galaxy S20 untuk menekan harga Galaxy S20 FE, tapi mereka juga menambahkan beberapa fitur baru yang tidak kalah menarik.

Sebut saja lensa telephoto yang bisa mengambil foto dengan optical zoom 3x. Ukuran baterainya pun lebih besar dibanding Galaxy S20, sehingga lebih awet untuk mendukung kinerja sehari-hari.

Memang desain layar melengkung yang sudah identik dengan ponsel flagship Samsung tidak digunakan oleh Galaxy S20 FE. Tapi ini justru berita bagus buat mereka yang ingin menjajal ponsel flagship Samsung tapi tidak suka layar melengkung karena terlalu sensitif akan sentuhan.

Galaxy S20 FEGalaxy S20 FE Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk kekurangan, pastilah ada walau cukup minor. Misalnya keputusan aneh Samsung yang hanya menyertakan charger 15W, padahal Galaxy S20 FE sudah mendukung pengisian cepat 25W.

Selain itu ponsel ini juga lebih cepat panas saat digunakan main game atau aktivitas berat lainnya. Meski masih bisa ditolerir, untuk beberapa orang hal ini mungkin cukup mengganggu.

Secara keseluruhan, Galaxy S20 FE adalah ponsel flagship dengan paket lengkap dan harga terjangkau yang cocok untuk semua orang, tidak hanya penggemar Samsung.

(vmp/afr)