Review Galaxy Note 20 Ultra, Produktivitasnya Tiada Tanding

Review Galaxy Note 20 Ultra, Produktivitasnya Tiada Tanding

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 12 Sep 2020 07:33 WIB
Galaxy Note 20 Ultra
Galaxy Note 20 Ultra. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat para vendor ponsel untuk merilis perangkat barunya, termasuk Samsung. Vendor asal Korea Selatan ini pada Agustus lalu menelurkan Galaxy Note 20 Ultra.

Ponsel ini adalah suksesor dari Galaxy Note 10+ yang dirilis tahun lalu. Karena itu wajar bila pengguna mengharapkan banyak peningkatan dari Galaxy Note 20 Ultra.

Begitu dirilis beberapa ada yang kecewa karena merasa Samsung tidak mengabulkan harapannya. Tampilan Galaxy Note 20 Ultra dinilai begitu-begitu saja, tidak membawa banyak perubahan.

Padahal ketika detikINET menggenggamnya terasa berbeda dari pendahulunya. Begitu digunakan terasa sekali banyak peningkatan yang diberikan Samsung pada ponsel barunya ini.

Berikut ulasan singkat ketika menggunakan Galaxy Note 20 Ultra:

Tampilan Mewah

Galaxy Note 20 Ultra hadir tiga warna, yakni Mystic Bronze, Mystic Black dan Mystic White. Versi Mystic Bronze yang bertandang ke ruang redaksi detikINET. Varian warna ini yang ditonjolkan Samsung untuk semua perangkat yang diumumkan di Galaxy Unpacked pada Agustus lalu.

Awal kami mengira warnanya sama dengan rose gold yang menjadi tren beberapa waktu lalu dan hanya cocok digunakan oleh kaum hawa. Ternyata penilaian itu kurang tepat, tampilan warnanya sungguh berbeda.

Galaxy Note 20 UltraGalaxy Note 20 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Mystic Bronze menyuguhkan pancaran kemewahan dan mempertegas Galaxy Note 20 Ultra ini adalah ponsel premium. Bagian belakang masih berlapis kaca namun dengan sentuhan matte, bikin nyaman di telapak tangan. Saat terkena cahaya, permukaan bagian belakangnya makin sedap dipandang mata.

Karenanya sayang sekiranya menutupi bagian belakangnya ini dengan case. Tapi itu terpaksa dilakukan. karena rangka metal berpadu tepian kaca melengkung jadi terasa licin ketika dalam genggaman. Dengan memasang case setidaknya mengurangi potensi tergelincir dari tangan sekaligus lebih melindungi bila terkena benturan, dan meratakan di bagian belakangnya akibat modul kamera begitu menonjol.

Secara dimensi ukuran Galaxy Note 20 Ultra sedikit lebih besar dan bobotnya terasa lebih berat dari pendahulunya. Bagi mereka yang memiliki ukuran tangan yang besar akan tetap terasa nyaman menggenggamnya.

Posisi S Pen kini berpindah dari sebelumnya di kanan menjadi di kiri. Samsung beralasan agar mereka menyatukan bahasa desain di semua ponselnya, di mana tombol power dan volume ditempatkan di sisi kanan. Perpindahan ini tidak begitu berdampak pada kenyamanan menggunakan stylus ini sendiri.


S Pen Tiada Duanya

Samsung telah meningkatkan kemampuan S Pen hingga menghadirkan sensasi seperti menulis dengan pena di kertas sungguhan. Ini lantaran lantensinya 9 ms, meningkat jauh dari sebelumnya, yakni 42 ms.

Benar saja ketika menggunakan terasa beda dari S Pen di Galaxy Note 10. Goresan S Pen begitu cepat, bikin makin asik menulis di atas layar Galaxy Note 20 Ultra. Bagi yang suka menggambar ataupun membuat sketsa pastilah akan menyukai stylus ini.

Galaxy Note 20 UltraGalaxy Note 20 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kita masih bisa menggoreskan catatan meski layar ponsel ini dalam kondisi tidak aktif atau terkunci. Hasil coretan tadi bisa dilihat lagi di Samsung Notes.

Aplikasi ini pula yang membuat S Pen makin tiada dua kemampuannya. Ketika mencatat, tulisan dari S Pen bisa dirapihkan, selain itu dapat dikonversi menjadi teks agar mudah dikirim lewat email dan pesan instan.

Melakukan pengeditan dokumen makin gampang di Galaxy Note 20 Ultra. Dokumen PDF atau materi presentasi berformat Power Point dapat dibuka di Samsung Notes, tinggal bubuhi keterangan atau memberikan highlights menggunakan S Pen.

Samsung Notes kini punya fitur baru, yakni perekaman suara. Jadi ketika mengikuti webinar ataupun meeting online kita bisa menuliskan materi yang disampaikan sembari merekam audio. Nantinya kita bisa diputar ulang rekaman begitu ada materi yang terlewat atau tidak tercatat. Hanya dengan mengetuk sebuah kata pada catatan dapat mengantarkan ke momen spesifik pada rekaman.

Satu lagi fitur baru yang diberikan Samsung, namanya Anywhere Action. Membantu navigasi saat menggunakan S Pen. Cukup gerakan stylus ini layaknya tongkat Harry Potter, kamu bisa kembali ke layar utama atau melakukan perintah lainnya.