Asus ROG Zephyrus G14: Tipis dan Ringan, Tapi...

Review Produk

Asus ROG Zephyrus G14: Tipis dan Ringan, Tapi...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 30 Jun 2020 20:25 WIB
Asus ROG Zephyrus G14
Asus ROG Zephyrus G14 (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Lazimnya, laptop gaming punya bodi yang tebal dan berat yang membuat perangkat tersebut -- meski tetap portabel -- sulit dibawa-bawa. Juga karena adaptor chargernya yang besar. Namun tak ROG Zephyrus G14 tak jauh dari kesan itu.

Namun saat saya pertama memegang Asus ROG Zephyrus G14, semua hal di atas tak terlihat di laptop tersebut. Bodinya tipis (1,79 cm) dan bobotnya sangat ringan untuk sebuah laptop gaming, hanya 1,6 kg, yang membuatnya mudah dibawa-bawa.

Asus ROG Zephyrus G14Asus ROG Zephyrus G14 Foto: Istimewa

Hal lain yang membuat Zephyrus G14 ini tak terlihat seperti laptop gaming pada umumnya adalah desain. Di mana desainnya relatif minimalis dan jauh dari kesan warna-warni ala laptop gaming.

Unit ROG Zephyrus G14 yang kami terima berwarna putih (Asus menyebutnya sebagai Moonlight White), dengan bagian dalamnya berwarna abu-abu. Pilihan warna ini membuatnya tetap 'sopan' untuk dipakai di pekerjaan sehari-hari, atau bahkan dipakai saat presentasi dan rapat di kantor.

Keyboardnya pun nyaman dipakai mengetik, punya key travel yang cukup besar dan tak terasa sempit karena tak ada numpad di bagian kanan. Touchpadnya cukup nyaman dipakai meski ukurannya agak kecil untuk sebuah laptop dengan layar 15,6 inch -- meski karena bodinya yang kecil membuatnya lebih pantas disebut sebagai laptop 14 inch.

Asus ROG Zephyrus G14Asus ROG Zephyrus G14 Foto: Istimewa

Sayangnya, tak ada webcam di laptop ini. Jadi Anda harus menggunakan webcam eksternal, atau menggunakan ponsel, atau bahkan DSLR dan mirrorless untuk melakukan konferensi video di Zephyrus G14.

Namun Zephyrus G14 tak sekadar desain yang menarik dan bobot yang ringan, karena sebagai sebuah laptop gaming, apalah artinya desain jika performanya buruk. Di sini AMD mengambil peran, karena jajaran prosesor Ryzen 4000 bisa membuat laptop menjadi setipis ini punya performa yang sangat tinggi.

Varian ROG Zephyrus G14 yang diuji di sini menggunakan Ryzen 7 4800HS yang dipasangkan dengan GPU GTX 1650 Ti, RAM 8GB, dan layar 120 Hz. Ini memang bukan varian terkencang, karena ada opsi dengan Ryzen 9 4900HS dengan RTX 2060 Max-Q. Namun dalam pengujian, spesifikasi seperti ini sudah cukup untuk memainkan game AAA masa kini dengan seting kualitas tertinggi dengan frame rate yang masih mencukupi.