Mau Mudik, Pilih Google Maps atau Waze? - Halaman 2

Mau Mudik, Pilih Google Maps atau Waze?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 26 Apr 2022 08:16 WIB
Bucharest, Romania - October 25, 2020: Shallow depth of field (selective focus) image with the Google Maps app on a mobile device in a car.
Mau Mudik, Pilih Google Maps atau Waze? Foto: Getty Images/CatEyePerspective

Google Maps

Fitur baru Google MapsFitur baru Google Maps Foto: dok. Google

Jika dibandingkan dengan Waze, Google Maps terbilang lebih lengkap. Aplikasi ini menyediakan pilihan navigasi untuk siapa saja, baik itu pejalan kaki, pengendara sepeda, pengguna transportasi umum, sampai pengguna aplikasi ride hailing.

Tapi fitur yang ditawarkan Google Maps tidak terbatas hanya untuk navigasi. Aplikasi ini bisa membantu kalian mencari lokasi toko, restoran, tempat wisata, dan tempat-tempat penting lainnya, termasuk informasi seperti jam buka, menu, dan nomor telepon, jadi sangat membantu kalau kalian mudik sambil liburan.

Banyak layanan populer Google seperti Assistant, Street View, dan Search sekarang terintegrasi dengan Google Maps sehingga pengguna tidak perlu repot berpindah aplikasi.

Google juga terus memperbarui Maps dengan banyak fitur navigasi seperti menampilkan rute yang paling ramah lingkungan, memperlihatkan ganjil-genap, dan menampilkan biaya tol. Belakangan ini Google Maps juga mulai kedatangan fitur Waze seperti update lalu lintas yang real-time.

Mana yang cocok untuk kalian?

Hal yang paling dicari dari aplikasi navigasi tentu saja seberapa cepat dan mudah aplikasi bisa membantu kalian mencapai tempat tujuan. Untuk berkendara di kota, Waze lebih jago dalam menemukan rute alternatif jika di terjadi hambatan di jalan, misalnya ada kemacetan atau kecelakaan.

Waze kadang mengarahkan pengguna melewati jalanan pemukiman atau jalan tikus sebagai jalur alternatif yang mungkin bisa membantu di situasi tertentu atau justru membuat pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di jalan.

Fitur navigasi Google Maps terbilang lebih umum karena tidak memiliki fitur integrasi sosial seperti Waze. Tapi pengguna Google Maps tetap bisa melihat informasi tentang kondisi jalan seperti kemacetan, kecelakaan, atau penutupan jalan.

Meski begitu, Google Maps memiliki peta yang lebih besar dan lebih informatif ketimbang Waze. Jadi pengguna bisa melihat rute dan layanan lain sepanjang perjalanan dengan lebih jelas.

Satu keunggulan Google Maps adalah aplikasi ini bisa diakses secara online ataupun offline. Pengguna yang khawatir akan kehilangan sinyal di tengah jalan bisa mengunduh peta dan rute terlebih dahulu untuk diakses kemudian sehingga tidak perlu takut tersesat. Berbeda dengan Waze yang saat ini hanya bisa diakses menggunakan koneksi internet.

Jadi jika kalian lebih mencari navigasi yang memberikan informasi lalu lintas secara real-time dan cepat, Waze bisa menjadi pilihan. Tapi kalau hanya membutuhkan navigasi yang sederhana dan dukungan akses secara offline, Google Maps jawaranya.

(vmp/afr)