Pencarian di Instagram Kini Pakai Kata Kunci

Pencarian di Instagram Kini Pakai Kata Kunci

Josina - detikInet
Kamis, 19 Nov 2020 18:44 WIB
ilustrasi instagram
Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta -

Kemampuan pengguna Instagram dalam melakukan pencarian sebuah konten semakin ditingkatkan. Sebabnya, Instagram telah mengumumkan bahwa pengguna berbahasa Inggris di enam negara termasuk Inggris, AS, Irlandia, dan Kanada dapat melakukan pencarian di platform menggunakan keyword atau kata kunci.

Di mana sebelumnya pengguna hanya dapat mencari dengan hashtag atau akun. Misalnya saat pengguna ingin mencari 'resep sehat' maka yang muncul adalah postingan yang memberikan hashtag #resepsehat atau akun dengan variasi 'resep sehat' pada nama atau biografi mereka.

Dilansir detikINET dari The Verge, Kamis (19/11/2020) kini Instagram akan memudahkan pengguna mencari kata kunci tersebut sendiri. Artinya postingan tersebut akan menampilkan resep sehat meskipun hashtag atau tagar tidak ada.

instagram keywordinstagram keyword Foto: Instagram

Juru bicara Instagram mengatakan bahwa tim sedang mempertimbangkan 'sejumlah faktor,' termasuk 'jenis konten, keterangan, kapan diposting,' dan lebih banyak lagi untuk memunculkan hasil yang relevan. Fitur ini menggunakan pembelajaran mesin untuk 'menemukan konten berkualitas tinggi yang relevan untuk pengguna.'

Untuk saat ini Instagram mengatakan hanya istilah tertentu yang dapat dicari.

"Pencarian terbatas pada topik minat umum dan kata kunci yang ada dalam pedoman komunitas Instagram," kata juru bicara tersebut.

Berdasarkan pencarian tim The Verge yang sudah menerima pembaruan ini, kata kunci seperti 'vaksin', 'QAnon', atau bahkan 'Trump' atau 'Biden', tidak dapat ditemukan. Namun, kata kunci 'anak anjing', 'pasta', atau 'bunga', dapat ditelusuri.



Simak Video "Viral Netizen Pamer 'Punya' PS5 di Instagram, Begini Caranya"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)