Cerita Unik 'Korea Reomit', dari Penerjemah Jadi YouTuber

d'Youthizen Virtual Class

Cerita Unik 'Korea Reomit', dari Penerjemah Jadi YouTuber

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 16 Nov 2020 17:50 WIB
YouTuber Korea Reomit Jang Hansol
Cerita YouTuber 'Korea Roemit' Jang Hansol yang awalnya jadi penerjemah. Foto: Dok. Instagram Korea Reomit
Jakarta -

YouTuber 'Korea Reemit' awalnya adalah seorang penerjemah Bahasa Korea di Indonesia. Jadi YouTuber pun ternyata terjadi karena ketidaksengajaan.

Pemilik nama asli Jang Hansol ini membagikan ceritanya dalam kuliah online d'Youthizen Virtual Class dari detikcom bersama Vivo V20, Senin (16/11/2020). Dikisahkan ia sudah tinggal 16 tahun selama di Indonesia sekitar tahun 1997-1998, 14 tahun dihabiskan di Malang, Jawa Timur, menjadikannya punya aksen yang unik sedikit medok.

Hansol, sapaannya, mengaku awalnya tidak menyangka bahwa ia akan menjadi full-time YouTuber. Sebab konten pertama yang ia unggah ke platform YouTube sendiri adalah resume untuk mencari pekerjaan.

"Dulu saya adalah salah satu penerjemah, pernah jadi penerjemah di 'Running Man' saat acara tersebut lagi di Indonesia. Kalau kantor berita di Korea mau wawancara soal ekonomi Indonesia juga kadang saya sebagai tour guide-nya," kata pria dengan akun Instagram @hansoljang110.

Hansol mulai menyadari adanya potensi dalam dirinya sebagai YouTuber karena ia mampu menjawab pertanyaan orang-orang terdekat di Indonesia. Misalnya kenyataan di balik yang terjadi di drama Korea, musim dingin di Korea apakah sama dengan yang diketahui dari drakor, dan lain sebagainya terkait Korea.

"Saya melihat apa yang sudah ada dan tiru dari yang sudah ada. Banyak orang Korea yang kagum, bangga, dan ikut senang. Mereka tanya-tanya soal Indonesia, orang-orang reaksinya positif," ucapnya.

Akhirnya, dipilihnya Korea Reomit sebagai nama kanal YouTube Hansol. Korea Reomit sendiri diambil dari nama asal muasal Hansol, yakni Korea dan 'Roemit' yang bila dibalik adalah 'Timoer', merujuk Jawa Timur daerah Hansol menghabiskan waktu lama di sana.

"Waktu itu sempat 2016, saya masih kuliah, mulai muncul YouTuber Korea yang pakai Bahasa Indonesia. Saya berpikir sepertinya kok saya bisa melakukan hal baru di luar YouTuber yang sudah ada. Saya mampu membuat pasar baru menyaingi teman baru, bukan saya lebih hebat, ya," katanya.

Apa yang membuat Hansol unik adalah, dia mampu menyelipkan Bahasa Jawa di dalamnya. Inilah yang membuat ia berbeda dengan YouTuber Korea lainnya yang biasanya cenderung menggunakan Bahasa Indonesia.

Hingga saat ini, channel 'Korea Reomit' sudah mencapai 4,05 juta subscribers dengan total 738 video hingga berita ini ditulis. Hayo, siapa yang termasuk salah satu 'bolo-bolo'-nya Hansol?



Simak Video "Cerita Jang Hansol dan Amel Carla Stres Bikin Konten saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)