Twitter Luncurkan Fleets, Pesaing Instagram Stories

Twitter Luncurkan Fleets, Pesaing Instagram Stories

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 18 Nov 2020 12:30 WIB
Twitter Fleets
Twitter Luncurkan Fleets, Pesaing Instagram Stories Foto: Twitter
Jakarta -

Twitter meluncurkan fitur Fleets secara global ke seluruh pengguna setelah melewati berbagai proses uji coba. Fitur ini memungkinkan pengguna Twitter membuat konten efemeral yang bisa menghilang setelah 24 jam, mirip seperti Instagram Stories.

Fleets mulai digulirkan untuk aplikasi Twitter di Android dan iOS, dan akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa hari ke depan. Dengan fitur ini, Twitter berharap penggunanya bisa mengekspresikan pikirannya dengan lebih santai.

"Lewat uji coba kami di Brasil, Italia, India, dan Korea Selatan, kami melihat Fleets membantu banyak orang merasa lebih nyaman mengikuti percakapan - kami melihat orang dengan Fleets lebih banyak berbicara di Twitter," kata Design Director Twitter Joshua Harris dan Product Manager Twitter Sam Haveson dalam blog post, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (18/11/2020).

"Mereka yang baru menggunakan Twitter menemukan Fleets sebagai cara yang lebih mudah untuk membagikan apa yang ada di pikirannya. Karena langsung menghilang setelah sehari, Fleets membantu orang-orang merasa lebih nyaman membagikan pikiran pribadi dan kasual, opini dan perasaannya," imbuh keduanya.

Pada dasarnya, Fleets adalah kloningan Instagram Stories dan Snapchat. Untuk mengunggah Fleets, pengguna Twitter bisa menekan ikon 'share' yang ada di bawah cuitan mereka. Pengguna Twitter bisa melihat Fleets dari followers-nya di bagian atas timeline.

Pengguna bisa membagikan teks, merespon cuitan pengguna lain, atau mengunggah video dengan opsi editing yang mirip seperti aplikasi lain, dan tiap Fleets akan menghilang setelah 24 jam.

Pengguna juga bisa merespon Fleets orang lain dengan menekan salah satu Fleets di beranda aplikasi atau di profil pengguna dan mengirimkan pesan langsung atau emoji ke kreatornya, yang akan memulai percakapan lewat DM.

Twitter mengatakan mereka akan menambahkan fitur kreatif lainnya seperti stiker dan video live dalam beberapa waktu ke depan. Tapi pengguna tidak bisa me-retweet atau menyukai Fleets.

Saat ini, perusahaan berlogo burung itu mengatakan tidak ada indikator yang memperlihatkan jika seseorang mengambil screenshot dari Fleets yang diunggah. Semua follower pengguna juga bisa melihat Fleets yang mereka unggah dengan membuka profilnya jika mereka tidak langsung melihatnya di beranda aplikasi.



Simak Video "Deretan Cuitan Trump yang Ditandai Menyesatkan oleh Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)