Selasa, 31 Des 2019 21:00 WIB

Kaleidoskop Kominfo 2019: Blokir Internet, Kimi Hime, Tol Langit, dan IndoXXI Tutup

tim - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Perjalanan 365 hari di tahun ini akan berakhir. Sepanjang 2019, tercatat ada beberapa kebijakan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang membuat akses internet RI ngebut dengan digelarnya 'tol langit' alias Palapa Ring, hingga yang bikin kening berkerut karena keputusannya menghebohkan.

Di awal 2019, Kominfo masih disibukkan dengan proses refund Bolt, di mana sebelumnya pemerintah menyatakan untuk menghentikan layanan PT First Media Tbk (KBLV), PT Internux (Bolt), dan PT Jasnita, karena ketiga perusahaan tersebut tidak memenuhi kewajiban membayar BJP frekuensi radio ke negara.

Setelah itu, di tahun ini juga, Kominfo masih tak lepas dari pemblokiran. Namun pada tahun ini, Kominfo tak hanya membatasi akses layanan media sosial (medsos) tapi juga akses internet.

Selanjutnya, pemberitaan diresmikan Palapa Ring yang sering disebut 'tol langit', penutupan beberapa konten YouTuber Kimi Hime, diberangusnya IndoXXI sampai dicatutnya nama Kominfo di situs Pornhub turut menghiasi pemberitaan di tahun 2019.

Di tahun ini pula terjadi pergantian jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) seiring berakhirnya pemerintahan Jokowi-JK, dari Rudiantara ke tangan politisi Parta NasDem Johnny G Plate.

Berikut rangkuman kebijakan yang diambil oleh Kominfo di 2019:
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6 7