Senin, 23 Jan 2017 14:19 WIB

UU ITE Jadi Senjata Polisi di Kasus Habib Rizieq

Mei Amelia R - detikInet
Foto: Hasan Alhabsy Foto: Hasan Alhabsy
Jakarta - Polisi telah meningkatkan status penyelidikan ke penyidikan terkait ceramah Habib Rizieq Syihab soal palu arit dengan mengenakan Pasal 28 ayat (2) UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dalam kasus tersebut.

"Dugaan UU ITE tentang penguploadan di youtube itu. Berkaitan dengan di youtube itu, kami kenakan UU ITE Pasal 28 ayat (2) di situ," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (23/1/2017).

UU ITE yang dimaksud Argo tersebut terkait pengunggahan video ceramah Rizieq soal 'palu arit' oleh akun youtube FPI TV. Sementara, polisi belum memeriksa pemilik akun tersebut.

"Itu perkembangan penyidikan nanti," kata Argo saat ditanya pemilik akun akan diperiksa atau tidak.

Argo menegaskan, Rizieq saat ini masih berstatus sebagai saksi. Kasusnya telah ditingkatkan ke penyidikan. Namun, polisi belum menentukan siapa tersangkanya dalam kasus tersebut.

"Sudah penyidikan. Intinya bahwa kasus sudah naik ke penyidikan dan kita sedang periksa saksi-saksi untuk menentukan siapa tersangkanya," lanjut Argo.

Pemeriksaan terhadap Rizieq masih berlangsung di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Sudah ada 12 pertanyaan yang diajukan penyidik ke Rizieq, sebelum akhirnya pemeriksaan diskors untuk istirahat, salat dan makan.




(idh/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed