BERITA TERBARU
KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Kamis, 26 Jan 2017 14:50 WIB

KlinikINET

Ada Tempelan Stiker di Kamera, Apakah Refurbished?

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Ilustrasi - Foto: (Thinkstock) Ilustrasi - Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Teman saya baru membeli kamera panasonic lumix di ITC seharga 7,4 juta lalu ditawarkan lensa tele jadi total 8,2 juta. Ketika sudah deal, pedagang mengeluarkan barang baru tapi kardusnya tidak dilapisi lagi plastik bening yang merekat di kardusnya.

Lalu mulai dari kemera, lensa, chargeran, hingga baterai ditempelin stiker yang katanya stiker itu sudah ditempel dari sananya.

Yang ingin saya tanyakan apakah harga tersebut wajar dan apakah barang yang saya beli ini kamera refurbish karena saya curiga adanya tempelan stiker dan kardus yang tidak dilapisi lagi dengan plastik bening. Apakah semua kamera baru hanya kardus saja tanpa dilapisi plastik lagi?

Atau jika memang tidak refurbish apakah mungkin itu barang black market? barangnya asli tapi ilegal? Mohon pencerahannya terimakasih. (Fikri)

Jawaban:

Dari ciri-ciri yang disebutkan diatas yaitu stiker segel di berbagai tempat, biasanya kamera tersebut diimpor oleh distributor, bukan dari distributor resmi yang ditunjuk oleh Panasonic Lumix.

Bedanya kalau rusak klaim servis garansinya ke distributor, yang alamatnya tercantum di kartu garansi. Soal produknya sendiri biasanya masih baru, jadi tidak perlu dikhawatirkan.

Kalau yang kameranya dari distributor resmi biasanya kartu garansinya berasal dari distributor resmi, untuk merek Panasonic, distributor resminya adalah PT Datascrip. Biasanya tidak disegel dusnya, dan tidak ada tempelan sticker di baterai dan bodi kamera dan lensa.

Sedangkan kalau soal kamera bekas, nah ini yang agak sulit, karena banyak kamera bekas yang kondisinya masih bagus, tapi sudah pernah dipakai. Kita juga mesti lebih berhati-hati jika model kameranya sudah lama, kemungkinan kameranya bekas lebih tinggi lagi. Tanda-tanda lain adalah harga yang ditawarkan sangat murah dibandingkan toko-toko lainnya.

Sebenarnya yang paling aman jika kita membeli di toko-toko yang memiliki reputasi bagus. Jika memungkinkan di toko resmi merek kamera itu. (jsn/fyk)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.