Mengapa Atlet eSports Juga Harus Jaga Makan dan Olahraga Fisik?

Mengapa Atlet eSports Juga Harus Jaga Makan dan Olahraga Fisik?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 30 Sep 2021 12:50 WIB
Ilustrasi eSport, Ilustrasi eSports
Mengapa Atlet eSport Juga Harus Jaga Makan dan Olahraga Fisik? (Foto: Photo by Florian Olivo on Unsplash)
Jakarta -

Selain latihan, atlet eSports juga harus bisa menjaga pola makan mereka menjadi lebih sehat layaknya atlet cabang olahraga lain. Jadi buat kamu yang mau jadi atlet eSports profesional, persiapkan tubuh kamu sejak jauh-jauh hari sebelum ikut test.

Mury Kuswari Lecturer & Researcher on Sport Nutrition & Fitness PhD Candidate of Human Nutrition menjelaskan hal ini dalam acara 'Konferensi Pers L-Men x PON XX Papua 2021', Selasa (28/9/2021) lalu.

Menurut penjelasannya, atlet cabang olahraga semacam catur dan eSports tetap memerlukan latihan, meskipun ada perbedaan pada batasan penggunaan kekuatan tubuh dibandingkan dengan cabang atletik. Atlet eSports tidak diharuskan melakukan latihan fisik seberat atlet lain.

"Kenapa butuh latihan? Karena melatih konsentrasi, fokus, nah impact dari latihan itu membutuhkan recovery," kata Mury.

Karena itu protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan segala macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga harus terjaga. Ini dimaksudkan agar performa atlet eSports selalu maksimal.

"Bicara eSports ini bukan cuma saat pertandingannya saja, kita bicara enam bulan, satu tahun atau bahkan dua tahun untuk mempersiapkan itu. Pada saat pertandingan bisa bayangkan orangnya nggak fokus, gampang lelah sakit punggung. Konsentrasi dan postur itu tetap harus dilatih," tegasnya.

Gizi, ucap Mury, mencakup 80% dari segala kesiapan untuk menjadi atlet profesional. Seseorang yang kekurangan nutrisi seperti protein bisa mengalami masalah dalam kesehatan tubuh, paling utama adalah kesulitan dalam konsentrasi.

Jadi, kalau mau jadi atlet eSports, kamu bukan cuma harus latihan saja. Butuh juga olahraga dan kesiapan menjaga kesehatan tubuh agar bisa selalu fokus.



Simak Video "Sandiaga Harap Indonesia Jadi Tuan Rumah Eksibisi e-Sport Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)