5 Alasan Esports Digandrungi Saat Ini - Halaman 2

5 Alasan Esports Digandrungi Saat Ini

Irna Gayatri - Content Writer RRQ - detikInet
Sabtu, 05 Des 2020 20:55 WIB
Ilustrasi Esports
Foto: (JC Gellidon via Unsplash)

3. Pilihan game yang beragam

Ilustrasi Esports(JESHOOTS.COM via Unsplash

Berbeda dengan cabang olahraga lain yang hanya mencakup satu jenis permainan untuk satu cabang olahraga, esports punya pilihan yang lebih beragam. Esports sendiri mencakup semua game yang bisa dipertandingkan secara kompetitif dalam turnamen. Saat ini, di Indonesia saja ada turnamen untuk game Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, Valorant, hingga console game seperti FIFA.

Melihat daftar ini saja, berarti penggemar di setiap game terhitung sebagai penggemar esports. Dengan kata lain, jangkauan penggemar esports jauh lebih luas dan beragam sehingga wajar saja kalau esports saat ini menjadi naik daun karena semakin banyak game yang bisa dipertandingkan berarti semakin banyak pula penggemar esports.

4. Tak mengenal usia

Meski karier para pro player cenderung berkisar di usia muda, penggemar esports tak mengenal usia. Karena pilihan game yang ebragam tadi, jangkauan penggemar esports pun jadi lebih luas. Jika beberapa game digemari gamers berusia 14 hingga 20-an, masih ada game lain yang target pasarnya untuk kalangan yang lebih tua.

Fans DotA, misalnya, dikenal lebih dewasa karena pengikut DotA telah mengikuti perkembangan game ini sejak tahun 2000-an. Game Point Blank dengan gameplay yang terbilang cukup sulit juga punya basis penggemar tersendiri. Karena tak mengenal usia, esports pun menghimpun lebih banyak penggemar hingga sekarang.

5. Semua bisa mengikuti turnamen

Banyaknya kesempatan untuk mengikuti turnamen amatir juga membuat esports semakin digandrungi. Ditambah lagi, prospek untuk menjadi pro player salah satunya memang dengan mengikuti turnamen amatir sehingga turnamen amatir tak pernah kehabisan peserta. Dengan begitu, gamers yang memang senang bertanding namun belum mendapatkan kesempatan untuk menjadi pro player juga punya tempat membuktikan diri melalui esports.

Gamers yang lebih muda kini bahkan memanfaatkan turnamen amatir untuk mendapatkan perhatian dari tim profesional. Dengan kata lain, penggemar esports tak hanya berasal dari orang-orang yang sekadar menikmati game-nya, tapi juga dari orang-orang yang menikmati game-nya di ranah kompetitif. Karena itu, penggemar esports masih terus bertambah mengingat hasrat untuk membuktikan diri merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia.

*Artikel ini merupakan kerja sama antara detikINET dengan Team RRQ.



Simak Video "Berawal dari Hobi Main PUBG, Olla Ramlan Bikin Tim Esports"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)