Mengenal Istilah Scrim di Industri Esports

ADVERTISEMENT

Mengenal Istilah Scrim di Industri Esports

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 26 Jul 2022 15:30 WIB
Bagaimana Jadi IGL Handal? Cek Tips dari Sang Juara 2022 PMPL ID Spring
Mengenal Istilah Scrim di Industri Esports (Foto: PUBG Mobile)
Jakarta -

Bagi sebagian penggemar game online dengan genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) maupun Battle Royale, pasti kerap mendengar istilah Scrim dari para pro player. Lantas apa sih artinya?

Sebenarnya itu menjadi salah satu kata unik, yang biasa digunakan tidak hanya oleh pro player, tetapi juga termasuk pemain amatir. Seperti sebelumnya, detikINET juga pernah membahas istilah asing seperti outplay, zoning, laning, freeze lane, clutch, rush, dan masih banyak lagi.

Biasanya, penggunaan kata Scrim diimplementasikan pada beberapa game kompetitif. Kegiatan ini memang menjadi sebuah kewajiban yang dilakukan pemain, untuk menunjang perkembangan skill baik individu maupun tim.

Nah mari mengenal istilah Scrim, berdasarkan pantauan detikINET dari berbagai sumber. Semoga penjelasan singkat ini, dapat menambah informasi kalian terkait kata-kata unik di industri esports.

Mengenal Istilah Scrim

Srcim sendiri memiliki pengertian kegiatan latih tanding atau bisa orang-orang di luar game mengenalnya dengan sparing. Sebagai contoh, bila mengacu di game Mobile Legends, berarti ada dua tim yang melakukan latihan bersama, dengan bertanding seperti biasa.

Berbeda dengan PUBG Mobile atau Free Fire. Hal ini mengingat, karena keduanya disisipkan konsep Battle Royale, maka keterlibatan dua tim saja tidak cukup.

Ambil contoh dari game besutan Tencent, Setidaknya ada total 100 pemain di dalam game. Jadi, karena satu tim beranggotakan empat orang, maka ada total 25 tim di dalam satu pertempuran.

Sehingga bila ingin melakukan Scrim setidaknya mengisi kuota tim yang disediakan pengembang. Agar latihan bersama pun jadi lebih menantang.

Lalu, apa fungsi melakukan Scrim itu sendiri? Jelas banyak, karena memang menjadi agenda yang dilakukan, agar ketika turnamen tidak bingung terkait kerja sama tim.

Manfaat Scrim

  • Mengetahui apa saja kekurangan yang dimiliki tim sendiri. Sehingga bisa melakukan evaluasi berkala, agar lebih baik lagi.
  • Memahami gameplay dari lawan.
  • Menguji kemampuan pemain atau pelatih baru.
  • Mempererat sinergi antar pemain.
  • Mematangkan strategi tim, seperti mencoba meta dan lain sebagainya.

Itu dia istilah Scrim di industri esports. Kurang lebih, intinya yaitu melakukan latih tanding.

Nah, bila dirasa kurang sesuai, detikers bisa tambahan di kolom komentar. Kira-kira, istilah apa lagi yang ingin dibahas ke depannya?



Simak Video "PUBG Mobile Indonesia Siap Perlebar Jaringan Komunitas Player"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT