Review Gran Turismo 7 di PS5, Grafisnya Menawan

Review Gran Turismo 7 di PS5, Grafisnya Menawan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 16 Apr 2022 14:15 WIB
Review Gran Turismo 7
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Gran Turismo pertama muncul di dunia pada 1997, dibuat oleh Polys Entertainment yang sekarang namanya berubah menjadi Polyphony Digital. Pada zamannya, Gran Turismo punya tampilan grafis yang menawan.

Mode permainan yang tak seperti game racing lain, karena memang Gran Turismo menganut genre simulation. Di mana pemain bisa mengganti-ganti mobil dan memodifikasinya sesuka hati. Pemain pun harus mempunyai SIM khusus sesuai dengan balapan yang diikuti.

Kini, Polyphony Digital memperingati 25 tahun kehadiran Gran Turismo dengan merilis Gran Turismo 7. "Perayaan" ini waktunya terbilang tepat, karena Sony juga punya konsol yang (relatif) baru, yaitu PS5.

Bagi saya, memainkan Gran Turismo 7 ini seperti sebuah nostalgia. Saya masih ingat betul bagaimana nikmatnya mengendarai Suzuki Escudo Pikes Peak untuk menyelesaikan bermacam balapan, atau bagaimana sulitnya menyelesaikan ujian SIM di Gran Turismo pertama itu.

Meski tak ada Escudo Pikes Peak di Gran Turismo 7, masih banyak bermacam pilihan mobil lain yang sama nikmatnya untuk dipakai balapan. Plus ujian SIM di Gran Turismo 7 pun masih sama sulitnya sesuai ingatan saya.

Tentu Gran Turismo 7 tak cuma dua hal itu. Masih banyak kesenangan-kesenangan lain yang bisa dinikmati dari game ini, namun dengan menganut nilai-nilai yang sama seperti Gran Turismo versi pertama.

Jadi, meski anda belum pernah memainkan Gran Turismo, game ini akan tetap menyenangkan. Bahkan mungkin jadi game Gran Turismo yang sangat bersahabat untuk gamer baru.

Review Gran Turismo 7Review Gran Turismo 7 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Salah satu hal menyenangkan di Gran Turismo 7 adalah 'Gran Turismo Cafe', yang membuat game ini menjadi seperti sebuah game RPG. Pada menu ini, pemain akan diajak untuk menyelesaikan bermacam "tugas", mayoritas adalah balapan di berbagai sirkuit. Meski ada juga tugas di mana anda diminta untuk memodifikasi mobil tertentu.

Total ada 39 tugas yang harus diselesaikan, dan setiap menyelesaikan tugas tersebut anda akan mendapat hadiah. Bisa mobil, atau dibukanya sirkuit baru. Namun bagi saya bukan itu yang menarik. Di tugas tertentu, anda akan diajak belajar sejarah merk mobil tertentu.

Review Gran Turismo 7Review Gran Turismo 7 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Namun yang jelas, setelah menyelesaikan semua tugas di Cafe, seharusnya anda akan lebih memahami game ini. Baik itu cara balapan yang baik dan benar, ataupun mengenali karakter-karakter kendaraan. Seperti karakter kendaraan RR (rear engine rear wheel drive) seperti beberapa seri Porsche, yang akan sangat sulit dikendarai di kondisi trek basah.