Minggu, 16 Jun 2019 11:40 WIB

Dota 2: Upgrade Terkuat Aghanim's Scepter di Hero Core & Support

Tim Aegis - detikInet
Aghanim drop dari Roshan. (Foto: Twitter Wykrhm Reddy) Aghanim drop dari Roshan. (Foto: Twitter Wykrhm Reddy)
Jakarta - Dota 2 semakin kece setelah patch 7.22. Salah satunya karena semua hero di Dota 2 dapat menggunakan Aghanim's Scepter. Belum lagi Roshan juga drop Aghanim's Scepter. Meta atau trend yang sudah ada pun ikut bergeser.

Pada artikel kali ini kami akan membahas upgrade-upgrade Aghanim yang memasuki Tier S, alias tier tertinggi di mana Aghanim merupakan item utama hero tersebut, atau penggunaan Aghanim akan bikin hero tersebut semakin kuat.




S Tier Upgrade untuk Core

1. Invoker

Invoke Cooldown 6 →2 , Menambah satu level status berdasarkan Quas, Wex, dan Exort. Seperti sebelumnya, hero ini memang sudah ditakdirkan untuk memakai Aghanim's. Bahkan hampir 80% build semua menganjurkan hero ini untuk membeli Aghanim's setelah hand of midas.

Ada beberapa build juga yang dipopulerkan oleh Topson, yaitu menggunakan Spirit Vessel, tapi ujung-ujungnya Invoker bakal tetap menggunakan Aghanim's. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penggunaan Aghanim yaitu sekitar 3 juta dengan win rate 52%.

Dota 2: Upgrade Terkuat Aghanim's Scepter di Hero Core & SupportInvoker Aghanim's buff. Sumber: Dota2.gamepedia.com


2. Clinkz

Skeleton Walk → max movement speed bonus 75% , membuat dua skeleton archers ketika Clinkz keluar dari buff Skeleton Walk.

Salah satu hero yang diberikan upgrade Aghanim unik adalah Clinkz. Dengan Aghanim, Clinkz akan mempunyai dps (damage per second) yang semakin besar, yaitu sekitar 480% dari damage sebelumnya. Status Aghanim juga sangat membantu hero ini agar bisa lebih bertahan lama dalam team fight.

Dota 2: Upgrade Terkuat Aghanim's Scepter di Hero Core & SupportClinkz Aghanim's buff. Sumber: Dota2.gamepedia.com


3. Death prophet

Exorcism → damage exorcism +100 setiap kali Death Prophet menyerang/cast spell ke musuh dan melambatkan kecepatan musuh, tanpa harus menggunakan ulti.

Salah satu kelemahan Death Prophet adalah hero ini sangat bergantung pada ulti-nya. Artinya musuh dapat memainkan tempo dan memancing Death Prophet untuk mengeluarkan ulti. Dengan Aghanim's yang baru ini Death Prophet akan lebih kuat walaupun dia tidak mempunyai ulti. Kekuatan Aghanim's terbukti ampun setelah 9 pertandingan Aghanim's dipakai terus oleh pro player dalam turnamen ESL Birmingham.

Dota 2: Upgrade Terkuat Aghanim's Scepter di Hero Core & SupportDeath Prophet Aghanim's buff. Sumber: Dota2.gamepedia.com




S Tier Upgrade untuk Support/Utility

1. EarthShaker

Enchant Totem Enchant Totem menjadi skill target area dengan range 900.

Sama dengan Invoker, hero ini memang sudah mempunyai upgrade Aghanim's sebelum patch yang baru. Penggunaan Aghanim's di Earthshaker sangatlah krusial dalam team fight. Dengan Aghanim's, hero ini mempunyai utilitas tinggi, dapat bergerak ke mana saja, dan punya banyak opsi untuk inisiasi. Hal inilah yang membuat Aghanim patut diwaspadai jika ada hero musuh yang memakainya.

Nggak percaya? Statistik dota buff saja mengatakan win rate Earthshaker yang menggunakan Aghanim's bisa sampai setinggi 62%!

Dota 2: Upgrade Terkuat Aghanim's Scepter di Hero Core & SupportEarthshaker Aghanim's buff. Sumber: Dota2.gamepedia.com


2. Rubick

Spell Steal → Cast Range 1400, Cooldown → 2, upgrade skill yang dicuri dengan Aghanim's.

Rubick termasuk hero yang selalu ditunggu-tunggu oleh penonton Dota 2. Hero ini punya potensi memutarbalikkan kekalahan sangat tinggi apabila pemainnya dapat mencuri skill musuh yang berbahaya. Sama seperti Invoker dan Earthshaker, hero ini sudah memiliki upgrade Aghanim.

Perlu diketahui juga, Spell Steal Rubick dengan Aghanim bisa membuat Rubick tidak kehabisan skill sama sekali karena rendahnya cooldown yang cuma 2 detik. Tak heran banyak pemain pro yang memposisikan Rubick sebagai posisi 4 serta timnya memberi ruang Rubick untuk farm.

Dota 2: Upgrade Terkuat Aghanim's Scepter di Hero Core & SupportRubick Aghanim's buff. Sumber: Dota2.gamepedia.com


3. Dark Willow

Shadow Realm => Auto attack tidak lagi menghilangkan buff.

Shadow Realm Satu-satunya hero yang baru saja dirilis Aghanim-nya dan masuk ke list kami adalah Dark Willow. Hero ini merupakan support yang sangat kuat sebelumnya tapi karena beberapa nerf hero ini jadi jarang dipakai.

Upgrade Aghanim ini memperkuat khas Dark Willow yang susah dijatuhkan saat team fight. Karena Aghanim inilah di pub game Dark Willow mulai sering dipakai lagi. Win rate Aghanim pada hero ini cukup tinggi yaitu 56%. Mungkin hanya tinggal waktu saja ada pemain pro yang menggunakannya di turnamen Dota 2.

Dota 2: Upgrade Terkuat Aghanim's Scepter di Hero Core & SupportDark Willow Aghanim's buff. Sumber: Dota2.gamepedia.com


Gimana menurut kalian, dari keenam hero tersebut apa ada favoritmu? Atau ada hero lain yang lebih gg memakai Aghanim? Yuk beri komentarmu!




------

Buat kalian yang ingin ikut berkontribusi di dunia esports Indonesia, yuk gabung sebagai coach atau content creator di Aegis. Nggak kalah seru juga kalau kamu Ingin lebih jago di game favoritmu. Yuk gabung dengan AEGIS, First Indonesia Educational Esports Platform!

Kunjungi
AEGIS (Akademi Esports Indonesia)
www.ae-gis.id
Instagram : aegis.gg
Facebook: @aegis.id



(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed