Review Canon EOS R3, Hasil Memuaskan Melebihi Ekspektasi - Halaman 2

Review Canon EOS R3, Hasil Memuaskan Melebihi Ekspektasi

ADVERTISEMENT

Review Canon EOS R3, Hasil Memuaskan Melebihi Ekspektasi

Enche Tjin - detikInet
Selasa, 07 Des 2021 20:17 WIB
Canon EOS R3
Canon EOS R3. Foto: Dok. Datascrip

Hal baru yang ditawarkan R3 yang ingin segera kami coba tentunya adalah fitur Eye Controlled AF. Fitur ini saat diaktifkan, akan mendeteksi kemana kita melihat di jendela bidik, dan akan ada lingkaran yang mengikuti dalam visual yang kita lihat di jendela bidik itu.

Awalnya memang sempat bingung karena sepertinya fitur ini tidak konsisten dengan lirikan mata kami, tapi ternyata fitur ini sangat perlu untuk dikalibrasi sebelum dipakai, dan fitur ini juga tidak efektif bila kita memakai kacamata.

Dalam praktiknya, akhirnya fitur Eye Control AF memang berfungsi seperti yang dimaksudkan, misal saya melirik ke kanan ada lingkaran yang juga ikut ke kanan sehingga tidak perlu memindahkan titik AF dengan joystick lagi. Fitur AF dengan lirikan mata ini juga bisa dimatikan bila tidak diperlukan, misal bila kita lebih suka memakai joystick atau layar sentuh.

Sensor R3 memang tergolong standar dalam resolusi yaitu 24 MP, namun memakai teknologi Back-Illuminated stacked yang memberi kecepatan tinggi dalam read-out datanya. Impilkasinya adalah kecepatan memotret bisa sangat cepat hingga 30 fps, file RAW+JPG 24 MP, dengan auto fokus kontinu (bila memakai shutter mekanik bisa dicapai kecepatan hingga 12 fps) dan juga kemampuan videonya oke sekali (6K 60 fps atau 4K 120 fps).

Beberapa hal lain di EOS R3 ini memang sepadan dengan kelas high-end yang diusungnya, adalah adanya 8 stop Image Stabilizer, resolusi layar dan jendela bidik yang sangat tinggi, lalu adanya dukungan slot SD card UHS-II yang mendampingi slot CFexpress type B membuat pengguna yang hanya punya SD card bisa langsung memakai kamera ini, meski untuk kecepatan maksimal disarankan memakai memori jenis CFexpress.

Sebagai gambaran, kecepatan tulis data SD card UHS-II bisa mencapai hampir 300 MB/s tapi CFexpress bisa mencapai 1600 MB/s.

Review Canon EOS R3Hasil memotret kontinu 30 fps dan dipilih satu foto Foto: Dok. Enche tjin
Review Canon EOS R3Fokus kontinu tetap bisa didapatkan meski memotret dengan kecepatan 30 fps. Foto: Dok. Enche tjin

Prosesor Digic X yang dirancang untuk menangani tugas-tugas berat ternyata mampu menunjukkan performa tingginya dengan sangat baik. Dari sisi responsifnya kamera, kecepatan auto fokus, menulis ke memori hingga melihat hasil foto terasa gesit.

Dari sini kami paham kenapa Canon tetap memilih resolusi sensor 24 MP, karena dengan menambah resolusi misal jadi 36MP atau 45MP akan ada kompromi dalam kinerja secara umum yang mungkin akan mengecewakan penggunanya yang mayoritas akan memakai R3 untuk sport atau wildlife.

Bicara auto fokus, R3 makin pintar dalam mengenali subyek baik manusia, binatang atau kendaraan, sehingga kemampuan tracking fokus yang bergerak menjadi lebih mudah (juga berkat peningkatan kemampuan Dual Pixel AF II di sensornya).

Kamera R3 tentunya tidak selalu untuk memotret subyek bergerak. Dipakai untuk foto pemandangan atau semacamnya, kamera ini juga pasti bisa memenuhi kebutuhan itu. Saya merasakan kalau sensor di R3 memiliki dynamic range yang lebih baik, dan juga noise di ISO tinggi yang masih termasuk bagus.

Bicara DR, saya bisa merecover bagian langit yang mengalami sedikit over, dan juga mengangkat shadow tentu bukan hal yang sulit. Urusan ISO tinggi (yang kerap diperlukan oleh fotografer sport) juga kabar baiknya hasil foto di ISO tinggi tidak terlalu noise, setidaknya sampai ISO 12.800 masih bagus.

Review Canon EOS R3Dynamic range sensor R3 termasuk baik dengan latitude di bagian highlight yang masih bisa diturunkan. Foto: Dok. Enche tjin
Review Canon EOS R3EOS R3 tetap menyenangkan untuk fotografi pemandangan berkat kualitas sensornya dan warna khas Canon yang enak dilihat. Foto: Dok. Enche tjin
Review Canon EOS R3tes iso Foto: Dok. Enche tjin

Halaman selanjutnya: Kesimpulan dan Harga >>>



Simak Video "Bantahan Meta soal Hampir 500 Juta Data WhatsApp Bocor"
[Gambas:Video 20detik]

Berita Terkait

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT