Deretan Fitur Unggulan Canon EOS R3

Deretan Fitur Unggulan Canon EOS R3

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 03 Des 2021 09:34 WIB
Canon EOS R3
Foto: Dok. Datascrip
Jakarta -

Datascrip memboyong Canon EOS R3, yang merupakan kamera mirrorless full frame flagship terbaru dari Canon.

Sebagai kamera flagship alias yang paling tinggi stratanya dibanding seri lain, tentu EOS R3 juga dilengkapi berbagai fitur dan kemampuan yang lebih tinggi. Apa saja?

Fitur dan kemampuan unggulan EOS R3 ini dari mulai Eye Control, Vehicle Priority AF, continuous shooting 30fps, sampai perekaman 6K RAW.

Sensor back-illuminated stacked CMOS 24,1MP
Sensor ini dipadukan dengan prosesor Digic X yang memberikan kecepatan, akurasi, dan kualitas gambar mumpuni di EOS R3. Continuous shooting 30fps bisa dicapai pada resolusi penuh, bahkan saat opsi AF dan AE aktif.

Dual Pixel CMOS AF II
Teknologi Dual Pixel CMOS AF II memberikan kecepatan dan keakuratan AF yang luar biasa. EOS R3 juga menawarkan fitur mutakhir yang sangat menarik yaitu Eye Control AF. Fitur ini mampu membuat pengguna untuk memilih titik fokus menggunakan gerakan mata melalui Electronic View Finder (EVF).

Vehicle Priority AF
Fokus otomatis pada EOS R3 dapat mendeteksi mobil dan sepeda motor yang bergerak cepat, bahkan untuk fokus yang lebih spesifik pada helm si pengemudi. Kamera ini juga memiliki deteksi AF hingga EV -7.5 yang sangat membantu pengguna mendapatkan fokus saat membidik di kondisi minim cahaya. Semua fitur ini berbasis pada EOS iTR (Intelligent Tracking & Recognition).

Video 6K 60p RAW
Untuk memenuhi kebutuhan video profesional, EOS R3 juga mampu merekam video dengan format 6K 60p RAW atau 4K 120p 10-bit tanpa crop. Pengguna juga bisa mendapatkan video 4K 60p yang memiliki kualitas lebih tinggi dengan oversampling dari format 6K. Canon Log 3 dan HDR PQ 10bit 4:2:2 juga tersedia untuk memberikan fleksibilitas dan kemudahan pengguna dalam menyesuaikan berbagai alur kerja pascaproduksi.

5 AXIS In-Body Image Stabilization
Seperti EOS R5 dan R6, EOS R3 juga dilengkapi dengan 5 AXIS In-Body Image Stabilization hingga 5,5 stop dan saat dipasangkan dengan lensa RF yang kompatibel, efektivitasnya bisa mencapai 8 stop, membuat pengambilan video sambil berjalan lebih halus, dan juga pada saat pemotretan long exposure tanpa tripod pun menjadi lebih stabil.

Dua slot kartu memori
EOS R3 dilengkapi dengan dua slot kartu memori (CFexpress Type B dan kartu SD). CFexpress Type B ini untuk mendukung mendukung transfer data berkecepatan tinggi hingga 2GB/detik. Dengan media ini pengambilan gambar secara burst hingga ribuan gambar dalam format RAW atau RAW+JPEG secara continuous dapat diwujudkan, serta mampu merekam video 6K RAW berkualitas tinggi.

Konektivitas lengkap
Dari segi konektivitas, EOS R3 sudah dilengkapi berbagai jaringan, seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS. Untuk fotografer pers yang membutuhkan kecepatan dalam mengirim foto juga bisa menggunakan konektivitas LAN kabel untuk pengiriman ke server FTP, FTPS, atau SFTP jarak jauh tanpa memerlukan aksesori tambahan.

Pengguna juga bisa menggunakan Mobile File Transfer yang memungkinkan kamera untuk mengirim file dengan cepat ke smartphone melalui kabel USB. Jika tersedia, pengguna juga dapat memanfaatkan jaringan seluler 5G yang sangat cepat untuk mengirim ke server dari jarak jauh dengan cepat.

Baterai ekstra besar
Demi memastikan efisiensi dan efektivitas saat digunakan, EOS R3 dibekali baterai LP-E19 berkapasitas besar 2700 mAH untuk memastikan pengambilan gambar dalam waktu yang lama. Jika dibutuhkan, baterai juga dapat diisi menggunakan power bank yang mendukung Power Delivery (PD) melalui kabel USB-C yang kompatibel.

Canon EOS R3Canon EOS R3 Foto: Dok. Datascrip



Simak Video "Merasa Buat Gaduh, Pemilik Anjing Canon yang Mati di Aceh Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)