Lembaga Fotografi Candra Naya Gelar Pameran Salon Foto Indonesia 42

ADVERTISEMENT

Lembaga Fotografi Candra Naya Gelar Pameran Salon Foto Indonesia 42

Tim - detikInet
Kamis, 29 Sep 2022 22:35 WIB
Lembaga Fotografi Candra Naya
Foto: Lembaga Fotografi Candra Naya
Jakarta -

Lembaga Fotografi Candra Naya (LFNC) menggelar pameran foto Pemenang Salon Foto Indonesia 42 (SFI42). Sebanyak 154 foto, 117 dari fotografer Indonesia dan 37 dari fotografer mancanegara, peraih penghargaan SFI akan dipamerkan dalam pameran ini.

Digelar di Exhibition Hall, lantai 5 West Mall, Grand Indonesia, dari 28 September sampai 2 Oktober 2022, pameran ini dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam video, dia memberi apresiasi kepada Lembaga Fotografi Candra Naya atas pencapaian rekor MURI pada SFI 42.

Hadir pula dan memberi sambutan Bapak Dr. Mohammad Amin, Direktur Musik Film dan Animasi dari Kemenparekraf, Ketua Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia (FPSI) Bapak Johnny Hendarta serta para penasihat LFCN Ibu Agatha Anne Bunanta, dan Bapak Edwin Djuanda da Ketua LFCN Bapak Vincent Kohar.

Foto yang dipamerkan terpilih dari 6.629 foto dari 43 negara. Jumlah foto yang masuk dan negara pendaftar jadi rekor jumlah foto dan partisipasi negara terbanyak sepanjang sejarah Salon Foto Indonesia. Pencapaian itu mendapat pengakuan Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan predikat "Penyelenggara Salon Foto Indonesia dengan Foto dan Peserta Negara Terbanyak."


Selain foto foto cetak, SFI42 juga menerima foto digital yang penjuriannya telah berlangsung online tanggal 6 Agustus 2022 yang lalu oleh juri juri Indonesia dan juri mancanegara dari Australia, Cyprus, Tiongkok dan Amerika. Penyerahan hadiah kepada para pemenang SFI 42 akan dilaksanakan Jumat, 30 September 2022, pukul 18.30 di tempat pameran.

Mengulang Sejarah Penjurian SFI

Pada penyelenggaraan SFI42 ini, LFCN mengulang sejarah 49 tahun yang lalu dengan mengadakan penjurian cetak salon foto Indonesia yang ke 42 di lokasi yang sama dengan penjurian Salon Foto pertama (SFI 1) tahun 1973 di Gedung Candra Naya yang sekarang ini telah menjadi cagar budaya pada Sabtu, 13 Agustus 2022 lalu.

SFI42 selain bernaung pada FPSI, kali ini juga menorehkan sejarah di Salon Foto Indonesia, dengan menjadi Salon Foto Indonesia pertama yang mendapat pengakuan dari Organisasi Foto Internasional yaitu Photographic Society of America Worldwide (PSA).

Dalam dunia fotografi, salon foto merupakan sebuah lini yang cukup penting dan diminati karena selain bisa menjadi tempat untuk mengasah keahlian teknis, juga dapat melatih kepekaan estetika karena hal tersebut menjadi poin utama dalam lini fotografi ini.

Ajang kompetisi seperti SFI merupakan sebuah sarana penting yang dimiliki dunia fotografi Indonesia, karena melalui penyelenggaraan SFI ini, akan bisa memperkenalkan dan mempromosikan keindahan Indonesia, baik alam maupun budaya, melalui fotografi ke lingkup dunia. Pameran pemenang SFI42 ini juga diharapkan bisa menjadi sarana publikasi bagi foto-foto peraih penghargaan selain juga untuk mengenalkan seni fotografi ke kalangan umum.


SFI juga diharapkan dapat mendorong kreatifitas seni masyarakat melalui fotografi yang bisa menciptakan lapangan baru ekonomi kreatif, memberikan wawasan lebih luas kepada masyarakat seni Indonesia mengenai keberagaman aliran fotografi dan membuka pemikiran dan ide kreatif dari penikmat seni yang melihat foto yang dipamerkan.

Salon Foto Indonesia (SFI) Pertama tahun 1973 yang diselenggarakan Lembaga Fotografi Candra Naya, disambut antusias para fotografer Indonesia. Penjurian SFI 1973 diadakan di Gedung Candra Naya dan Pameran Salon Foto diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, 28-30 Desember 1973, yang dibuka oleh Adam Malik yang kemudian menjabat sebagai Wakil Presiden tahun 1978-1983.

Seni fotografi di Indonesia secara de facto mulai "diakui" dunia ketika sebuah federasi yang menaungi klub-klub fotografi terbentuk, yaitu Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia / Federation of Photographic Societies Indonesia (FPSI) sebagai hasil keputusan dari Musyawarah Nasional (MUNAS) yang diresmikan di Jakarta tanggal 30 Desember 1973.



Simak Video "Mengupas Fotografi Hantu"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT