Foto Spektakuler Komet Langka Jadi Jawara Kontes Dunia

ADVERTISEMENT

Foto Spektakuler Komet Langka Jadi Jawara Kontes Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 19 Sep 2022 06:15 WIB
Pemenang kontes foto astronomi
Foto Spektakuler Komet Langka Jadi Jawara Kontes Dunia. Foto: BBC
Jakarta -

Astronomy Photography of the Year adalah kompetisi foto tahunan tingkat dunia yang digelar oleh The Royal Observatory Greenwich di Inggris. Nah, dalam kompetisi tahun ini, foto pemenang menampilkan penampakan komet yang spektakuler.

Komet Leonard ini ditemukan tahun 2021 dan sempat menampakkan diri ke Bumi, tapi sekarang sudah keluar dari Tata Surya sehingga tidak akan bisa terlihat lagi. Terlihat di foto pemenang, ekor komet itu mulai terpisah sehingga menampilkan pemandangan menakjubkan.

"Komet terlihat berbeda dari waktu ke waktu, memang mereka adalah sesuatu yang mengejutkan," kata sang fotografer pemenang, Gerald Rhemann dari Austria yang dikutip detikINET dari BBC.

Foto itu dijepretnya pada Natal 2021 silam dari observatorium di Namibia, salah satu area dengan langit paling gelap di dunia. "Aku benar-benar senang menjepret foto tersebut, ini adalah pencapaian dalam karirku di dunia fotografi," tambah dia.

Astronomer Dr Ed Bloomer selaku salah satu dewan juri menyatakan bahwa foto itu adalah salah satu jepretan komet yang terbaik sepanjang sejarah fotografi sehingga dinilai pantas menyabet gelar jawara di tahun ini.

"Foto luar angkasa yang sempurna adalah suatu perpaduan antara seni dan sains. Foto ini tidak hanya bagus secara visual, tapi juga sangat menarik dan emosional," tuturnya.

Pemenang kontes foto astronomiPemenang kontes foto astronomi dunia. Foto: BBC

Terdapat sekitar 3000 foto dari seluruh dunia yang ikut dalam kontes kali ini. Adapun pemenang kedua adalah dua remaja asal Sichuan, China. Mereka adalah Yang Hanwen dan Zhou Zezhen, keduanya berusia 14 tahun. Mereka menjepret foto spektakuler galaksi Andromeda, tetangga Bima Sakti atau Milky Way.



Simak Video "Astra Hadirkan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT