Kamis, 27 Des 2018 21:13 WIB

Sensasi Melihat Foto Berukuran Monster 195 Gigapixel

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Bigpixel Foto: Bigpixel
Jakarta - Dewasa ini kebanyakan foto hasil jepretan kamera smartphone berukuran 12 megapixel. Terbayang tidak, kalau kita melihat foto dengan ukuran monster, sebesar 195.000 megapixel atau 195 gigapixel?

Adalah BixPixel, perusahaan asal China ini baru saja membuat foto pemandangan kota Shanghai. Foto tersebut diambil dari Oriental Pearl Tower dengan ketinggian 230 meter.


BixPixel menggunakan kamera profesional dengan lensa berkualitas tinggi. Ribuan gambar yang mereka ambil kemudian disatukan dalam satu foto. Tidak heran butuh dua bulan untuk mereka menyelesaikan karya ini.

Tapi hasilnya, memang begitu luar biasa. Rasanya kita bisa melihat setiap sudut pusat kota Shanghai.

Tim BixPixel saat mengabadikan kota ShanghaiTim BixPixel saat mengabadikan kota Shanghai Foto: Bigpixel


Kala kita zoom, gambar begitu detail ditampilkan. Tidak hanya bangunan, merek mobil hingga aktivitas warga Shanghai pun dapat kita lihat dengan jelas.

Apa yang dibuat BixPixel memang belum seberapa dengan yang dibuat tim Universitas Malaysia. Mereka memotret kota Kuala Lumpur dengan menggabungkan 31 ribu jepretan menjadi satu foto berukuran 846 gigapixel. Karya yang cukup luar biasa ini akhirnya diganjar penghargaan dari Guiness World Records.



Buat kalian yang penasaran ingin merasakan sensasi melihat Shanghai dalam jepretan 195 gigapixel, bisa mengklik berikut ini.

Atau jika ingin melihat kota Kuala Lumpur bisa mengakses link ini.

(afr/rns)
Foto: Bigpixel
Aktivitas warga Shanghai begitu terlihat jelas. Foto: Bigpixel
Sampai bisa melihat merek mobil. Foto: Bigpixel
Muatan kapal yang tengah melintasi sungai terlihat jelas. Foto: Bigpixel