Potret Robot Mungil Asal China yang Menjelajahi Bulan

FotoINET

Potret Robot Mungil Asal China yang Menjelajahi Bulan

istimewa - detikInet
Kamis, 01 Feb 2018 17:36 WIB

Jakarta - Sampai saat ini, sudah ada empat rover yang berhasil mendarat di Bulan, termasuk Yutu.Namun robot mungil asal China ini meninggalkan ceritanya tersendiri.

Yutu merupakan sebuah rover yang menjadi bagian dari misi Chang'e 3 ke Bulan. (Foto: Internet)

Memiliki arti Jade Rabbit, merujuk pada cerita rakyat di China tentang seekor kelinci yang hidup di Bulan sambil membawa alu dan lesung. (Foto: Internet)

Rover dengan enam roda ini dikembangkan mulai 2002, dan selesai pada 2010. (Foto: Internet)

Diluncurkan pada 1 Desember 2013 dan sampai di permukaan Bulan pada 14 Desember 2013. (Foto: Internet)

Yutu menjadi rover pertama yang beroperasi di Bulan sejak Lunokhod 2 milik Uni Soviet berhenti bertugas pada 11 Mei 1973. (Foto: Internet)

Yutu direncanakan untuk menjelajahi satelit alami Bumi dengan jangkauan 3 kilometer persegi selama tiga bulan. (Foto: Internet)

Yutu dibekali dengan kamera panorama, spektrometer infrared, APSX (apha particle X-Ray spectrometer), dan lengan robotik. (Foto: Internet)

Sejak 25 Januari 2014, Yutu tidak dapat bergerak karena kendala mekanis, namun masih dapat mengumpulkan dan mengirim berbagai informasi . (Foto: Internet)

Pada Oktober 2015, Yutu mencatatkan rekor sebagai rover terlama yang beroperasi di Bulan. (Foto: Internet)

Pada 31 Juli 2016, Yutu secara resmi berhenti beroperasi setelah berada di satelit alami Bumi selama 31 bulan. (Foto: Internet)

(/)