Sosok Kartini Muda Ini Wakili Indonesia di Gerakan Wujudkan Tujuan Global

Sosok Kartini Muda Ini Wakili Indonesia di Gerakan Wujudkan Tujuan Global

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 21 Apr 2022 10:17 WIB
Tamara Dewi Gondo Soerijo
Tamara Dewi Gondo Soerijo. Foto: Samsung
Jakarta -

Tamara Dewi Gondo Soerijo, sociopreneur muda Indonesia, menjadi satu dari 14 pemimpin muda dari penjuru dunia yang terpilih sebagai representasi global di Generation17.

Runner-Up Ketiga Miss Indonesia 2019 ini mulai bergabung di Generation17 pada awal 2022, sekaligus menjadi perwakilan pertama dari Tanah Air di inisiatif yang dibesut Samsung dan United Nations Development Programme (UNDP).

Tamara merupakan sosok ideal dari representasi Kartini masa kini atas perjuangannya dalam mendorong pemberdayaan perempuan, ditambah dengan upayanya menciptakan kegiatan produksi dan konsumsi yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Perempuan yang lahir di Surabaya ini telah berkecimpung di kegiatan sosial sejak dini melalui sejumlah inisiatif yang ia bangun. Salah satunya termasuk Liberty Society, perusahaan sosial yang bergerak di bidang fesyen beretika dengan tujuan membantu perempuan yang terkena dampak kekerasan dan kemiskinan ekstrem untuk keluar dari lingkaran kemiskinan.

Melalui inisiatif tersebut, Tamara berupaya mendorong kesetaraan gender dengan membangun komunitas yang memberdayakan perempuan termarjinal, memperjuangkan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan, serta mendorong konsumsi dan produksi bertanggung jawab dengan memaksimalkan bahan-bahan daur ulang.

Sejak berdiri pada tahun 2019, Liberty Society telah memberdayakan lebih dari 50 perempuan yang merupakan pengungsi dari negara-negara Timur Tengah dan Afrika di Indonesia. Tamara menemukan setidaknya ada lebih dari 200 pengungsi yang saat ini berada di Serpong, Indonesia dan hidup dari dana pembangunan yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

"Menjadi bagian dari Generation17 merupakan kesempatan berharga buatku untuk bisa terhubung dan bertukar pikiran dengan inventor-inventor muda dari negara-negara lain, sekaligus mendorong aku untuk semakin memperluas kontribusi yang bisa aku berikan bagi kehidupan yang lebih baik kedepannya, khususnya yang sejalan dengan Global Goals," ujarnya.

"Dan aku percaya bahwa teknologi yang tak bisa lepas dari keseharianku juga sangat memegang peran penting dalam ketertarikanku untuk berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik bagi teman-teman di organisasi, komunitas, masyarakat sekitar, dan lingkungan," tegas Tamara.

Selanjutnya Tamara dan Teknologi

Simak juga Video: Buruh Gendong Pasar Beringharjo Berlenggak-lenggok Bak Model

[Gambas:Video 20detik]