Review Galaxy Tab S8 Ultra Si Tablet Raksasa

Review Galaxy Tab S8 Ultra Si Tablet Raksasa

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 12 Apr 2022 09:15 WIB
Samsung Galaxy Tab S8 Ultra
Galaxy Tab S8 Ultra. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Galaxy Tab S8 Ultra adalah tablet terbesar yang pernah dibuat oleh Samsung. Tapi apakah keistimewaan perangkat ini hanya pada ukuran layarnya yang terbilang raksasa untuk sebuah tablet?

Jawabannya tidak. Memang ukuran layarnya bikin Galaxy S8 Ultra stand out di banding yang lain. Tapi banyak aspek di tablet ini yang membuatnya patut dilirik, terlebih bagi kamu yang ingin produktivitas dan hiburan bisa dilakukan dalam satu perangkat.

Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Galaxy Tab S8 Ultra? Simak review singkatnya berikut ini.

Desain

Pernah melihat Galaxy Tab S7 Series? Nah tampilan tak jauh berbeda dengan Galaxy Tab S8 Ultra. Ini bukan kekurangan, malah kami menyukainya.

Mengusung pinggiran datar dengan sudut melengkung, dipadukan warna Graphite memberikan kesan elegan sekaligus premium. Samsung membuat tablet ini cukup tipis mengingat ukuranya yang begitu besar.

Samsung Galaxy Tab S8 UltraSamsung Galaxy Tab S8 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kendati ketebalannya hanya 5,5 mm, Samsung sesumbar Tab S8 Ultra ini kokoh. Sebab mereka mempergunakan material Armor Aluminium yang diklaim 40% tidak mudah ditekuk dan 30% lebih tahan goresan dibandingkan pendahulunya.

Bagian depannya dilindungi Gorilla Glass 5. Berbeda dengan jajaran HP Galaxy S series, tidak ada sertifikasi IP ketahanan air. Namun hal itu umum pada tablet, bahkan kelas flagship sekalipun.

Bicara bobot, Galaxy Tab S8 Ultra adalah terberat yang pernah Samsung buat. Tablet ini punya timbangan 728 gram, cukup enteng dipegang satu tangan.

Samsung Galaxy Tab S8 UltraSamsung Galaxy Tab S8 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Saat dipadukan dengan keyboard cover, beratnya menjadi kisaran 1,4 kg. Ini ibarat menenteng MacBook Pro M1, tidak begitu berat untuk disimpan di ransel dan dibawa kerja mobile.

Karena yang detikINET review adalah varian 5G, tersedia slot SIM Card + microSD di bagian atas.

Layar

Dulu rekor tablet terbesar dipegang iPad Pro dengan ukuran 12,9 inch. Kini gelar tersebut dirabut Galaxy Tab S8 Ultra dengan menghadirkan layar 14,6 inch.

Apakah besar berarti bagus? Karena ini adalah tablet besutan Samsung soal kualitas tentu tidak perlu diragukan lagi. Memadukan panel Super AMOLED dengan resolusi 1848 x 2960 membuat gambarnya tajam, meski kerapatan pixelnya lebih rendah dari saudaranya Tab S8+. Refresh rate 120Hz membuat pengalaman bernavigasi begitu smooth.

Samsung Galaxy Tab S8 UltraSamsung Galaxy Tab S8 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Tablet ini masih belum melampau tingkat kecerahan layar iPad Pro 12,9 inch (2021) yang mencapai 1.000 nits. Walau begitu, dengan brightness 420 nits, kami tidak menemui kendala menggunakan Tab S8 Ultra di outdoor.

Samsung turut memberikan sejumlah opsi pengaturan layar yang bikin mata nyaman saat menggunakan Tab S8 Ultra ini di malam hari. Tapi yang tak kalah menarik adalah bezelnya yang tipis. Itu memberikan kesan yang lebih imersif kala menikmati konten di Netflix, Disney+ Hotstar maupun layanan streaming lainnya.

Bermain game pun tak kalah memuaskan di layar yang begitu lapang. Biar lebih nyaman baiknya pengontrolannya tidak menggunakan tangan, tapi controller game, jadi serasa bermain di konsol.

Oh iya soal 'poni' di atas layar. Sebenarnya tidak mengganggu pandangan, hanya saja kehadirannya sedikit ironi. Sebab Samsung dulu pernah mengejek Apple karena menggunakan notch pada iPhone, bahkan sampai mengiklankannya.

Tapi tidak apa-apa, kemungkinan notch akan menjadi tren di layar laptop ke depannya. Lantaran Apple menghadirkan MacBook Pro dengan 'poni' di layarnya.

Beralih ke suara, Samsung menempatkan empat speaker dengan sentuhan AKG. Suaranya tak hanya lantang, tapi juga jelas sehingga tidak perlu menyeting hingga volume maksimal agar menendang di telinga. Apalagi bila fitur Dolby Atmos dinyalakan, makin terasa memuaskan indra pendengaran.

Selanjutnya Produktivitas, S Pen dan Kamera

Simak juga Video: Hands-on: Samsung Galaxy A53 5G Harga Rp 6 Jutaan

[Gambas:Video 20detik]