Genjot Ekosistem Digital, Shopee Resmikan Kampus UMKM di Kaltim - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Genjot Ekosistem Digital, Shopee Resmikan Kampus UMKM di Kaltim

Dea Duta Aulia - detikInet
Senin, 28 Mar 2022 18:02 WIB
Shopee bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meresmikan Kampus UMKM Shopee pertama di Kalimantan Timur sekaligus ke-7 di Indonesia.
Foto: Dok. Shopee

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengatakan kehadiran Kampus UMKM Shopee bisa menjadi salah satu instrumen untuk mendorong pengembangan UMKM di kawasan tersebut.

"Kehadiran Kampus UMKM Shopee Kalimantan Timur menambah dukungan bagi UMKM untuk memaksimalkan penjualan dan produktivitas usaha. Saya merasa sangat bangga dan ingin berterima kasih kepada Shopee Indonesia atas kerja sama yang luar biasa ini sehingga dapat membuka Kampus UMKM Shopee Kalimantan Timur," kata Hadi.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur Yadi Robyan Noor. Yadi berpandangan kehadiran kampus diharapkan mampu membantu para pelaku UMKM untuk memecahkan masalah yang kerap dihadapi oleh mereka, seperti kesulitan mengakses pasar.

"Peran UMKM sangat besar terhadap perekonomian daerah dan nasional pada umumnya. Namun, berbagai keterbatasan sedang dihadapi UMKM, salah satunya adalah keterbatasan UMKM dalam mengakses pasar," katanya.

Yudi berharap melalui pembinaan ini, UMKM Kaltim yang berjumlah 344.581 unit usaha ini mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produk mereka.

"Jumlah UMKM Kalimantan Timur sampai saat ini tercatat sebanyak 344.581 unit usaha yang tersebar di 10 kabupaten dan kota. Oleh karena itu, perkembangan dan pembinaan UMKM lebih diarahkan untuk mengakses pasar, dengan terus memperkuat kualitas, kuantitas produknya," tutup Yudi.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT