Shopee Resmikan Kampus Ekspor di Jakarta, Gratis buat UMKM

Shopee Resmikan Kampus Ekspor di Jakarta, Gratis buat UMKM

Angga Laraspati - detikInet
Rabu, 17 Nov 2021 13:45 WIB
Kampus UMKM Shopee Ekspor
Foto: dok. Shopee
Jakarta -

Shopee membuka Kampus UMKM Shopee Ekspor di Jakarta. Dengan adanya kampus ini, UMKM yang berada di Ibu Kota diharapkan bisa naik kelas dan memperluas pasaran produknya.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan Kampus UMKM Shopee Ekspor merupakan dukungan Shopee dalam menggenjot UMKM di Jakarta agar semakin berkembang tak hanya di pasar lokal, tetapi juga pasar internasional.

"Target kita adalah untuk memperkenalkan bisnis digital kepada lebih banyak UMKM di Jakarta, sehingga tidak hanya bisa memulai berjualan secara online tapi juga mereka bisa naik kelas, setelah naik kelas, nanti mereka juga bisa membuka pasar lebih luas, semoga bisa sampai ke panggung dunia," kata Handhika dalam acara peluncuran Kampus UMKM Shopee Ekspor di Gedung Pakuwon, Jakarta Selatan, Rabu (17/11/2021).

Adapun kampus yang berlokasi di Gedung Pakuwon lantai 47 ini, memiliki sederet fasilitas, layanan dan program pelatihan yang bisa digunakan secara gratis oleh UMKM. Kampus ini dilengkapi trainer dan tim administrasi Shopee, serta ruang pelatihan untuk UMKM.

Mereka dapat mengikuti berbagai modul pembelajaran mengenai konsep bisnis online di e-commerce, cara berjualan secara online, mengenal psikologi pembeli sebelum berjualan serta pengenalan tentang cara menggunakan aplikasi Shopee dan fitur-fitur pendukung untuk membuat penjualan lebih efektif.

Tersedia juga fasilitas seperti ruang foto produk dan spot live streaming yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten agar dapat memasarkan produk, dan juga fasilitas bantuan sebagai pusat edukasi serta simulasi gudang.

"Pelaku usaha kecil dan pengusaha mikro atau UMKM merupakan pahlawan masa kini yang tak henti berjuang untuk dapat terus menggerakkan aktivitas UMKM agar ekonomi berjalan. Pembukaan Kampus ini juga menjadi wujud apresiasi Shopee bagi UMKM yang telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia," tambah Handhika.

Ia berharap kampus ini dapat menjadi wadah bagi UMKM untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya untuk berkembang dan naik kelas. Shopee bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta akan menyasar sebanyak-banyaknya untuk mengajak UMKM agar dibimbing.

"Sebenarnya kita di sini ada dari hulu ke hilir dan beginner sampai advance. Jadi kita terbuka asalkan mereka datang dan punya kemauan, idealnya udah punya barang kalau nggak punya pun juga bisa datang dan bisa mendapatkan inspirasi. Kita terbuka untuk semua," imbuh Handhika.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Pemprov DKI, Elisabeth Ratu Rante Allo menjelaskan Jakarta memerlukan dukungan ekosistem yang dapat membuat UMKM berkembang. Menurutnya dukungan yang diberikan Shopee dengan mendirikan kampus perlu disambut baik, sebab langkah tersebut membantu UMKM meningkatkan bisnisnya.

"Pengembangan ini (secara) komprehensif diberikan melalui program edukasi yang berkesinambungan. Dengan dukungan berupa kampus ini, para pelaku UMKM bisa mendapatkan tambahan pengetahuan serta mendapatkan aspek pengembangan bisnis sehingga bisa meningkatkan skala usahanya," ungkap Elisabeth.

Menurutnya, hadirnya Kampus UMKM Shopee Jakarta sebagai pusat pengembangan digital UMKM dapat membuat UMKM langsung memahami dengan detail mengenai cara berjualan online yang tepat, mendekatkan diri antara penjual kepada pembeli, hingga cara mengembangkan strategi bisnis digital secara optimal.

"Diharapkan ke depan, UMKM DKI Jakarta banyak yang naik kelas lewat Kampus Shopee UMKM," imbuhnya.

Sebagai informasi, Kampus UMKM Shopee Ekspor di Jakarta merupakan kampus keempat yang didirikan oleh Shopee untuk mendorong gaya gedor UMKM di Indonesia. Sebelumnya, Shopee telah membuka kampus serupa di Solo, Semarang, dan Bandung.



Simak Video "#AromaMaluku Memberikan Persembahan untuk Nusantara dan Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)