Kominfo Gelar Kelas Podcast Gratis Bareng Spotify, Siapa Berminat?

Kominfo Gelar Kelas Podcast Gratis Bareng Spotify, Siapa Berminat?

ADVERTISEMENT

Kominfo Gelar Kelas Podcast Gratis Bareng Spotify, Siapa Berminat?

Angga Laraspati - detikInet
Rabu, 23 Feb 2022 16:34 WIB
Ilustrasi Spotify
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi bermitra dengan Spotify meluncurkan Kelas Podcast Siberkreasi 2022. Program yang dirancang khusus untuk meningkatkan keahlian membuat Podcast ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Sejak diinisiasi tahun 2020 lalu, Kelas Podcast Siberkreasi telah menjangkau lebih dari 30.000 peserta dari seluruh penjuru Tanah Air dan dengan keikutsertaan Spotify menargetkan 50.000 peserta tambahan di tahun 2022.

Program ini terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut langkah-langkah awal dalam pembuatan podcast. Adapun program ini dibuka mulai 26 Februari mendatang.

Direktur Jenderal Penerapan Informatika Republik Indonesia, Semuel A. Pangerapan menuturkan sebagai bagian dari upaya mempercepat agenda nasional transformasi digital, Kominfo berpegang pada prinsip 'tidak ada yang tertinggal, atau tidak seorang pun akan ditinggalkan'.

"Oleh karena itu, program tahun ini dirancang lebih tersegmentasi karena semua lapisan masyarakat kita akan dapat menerima substansi dan materi yang lebih sesuai. Kerja sama dengan Spotify ini merupakan langkah nyata dari kami untuk membawa program ini kepada lebih banyak lagi anak muda di seluruh Indonesia," kata Semuel dalam keterangan tertulis, Rabu (23/2/2022).

Sementara itu, Head of Studio Spotify Southeast Asia, Carl Zuzarte mengatakan podcast merupakan medium unik yang memungkinkan kreativitas dan personalisasi. Hal ini memungkinkan setiap orang dengan pendapat maupun ceritanya masing-masing untuk membuat perubahan dengan memastikan bahwa pendapatnya tersebut didengar oleh ribuan bahkan jutaan orang.

Spotify telah secara aktif bekerja sama dengan kreator di Indonesia untuk membangun program eksklusif dan original sejak tahun 2019 dan akan terus mencari lebih banyak cara lagi untuk mendukung dan membangun komunitas podcast di sini.

"Karena itu, kami sangat bersemangat untuk bekerja sama dengan Kementerian Kominfo dan Siberkreasi dalam membantu ribuan calon podcasters mengasah kreativitas dan memaksimalkan medium ini," ujar Carl.

Melalui keterlibatan Spotify dalam Kelas Podcast Siberkreasi 2022, peserta dapat mengambil manfaat dari pemahaman terhadap podcast yang disediakan oleh platform streaming audio. Peserta akan mendapatkan tips dan trik terbaik di kelasnya tentang cara membuat saluran podcast mereka sendiri.

Mulai dari mengidentifikasi sasaran dan ceruk pendengarnya, mengatur transkrip, memanfaatkan media sosial untuk promosi serta mengembangkan podcast mereka, dan bahkan pelatihan suara. Mereka juga akan diberikan materi podcast dan ide konten untuk memulai perjalanan mereka.

Sebagai bagian dari program ini, peserta juga mendapatkan informasi dari Spotify tentang cara terbaik untuk memanfaatkan Anchor, perangkat gratis dari Spotify untuk membuat dan mendistribusikan podcast, begitu mereka siap untuk memulai perjalanan podcast mereka.

Halaman Selanjutnya: Daftar Pelatihan Kelas Podcast Gratis

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT