Gegara Konten Podcast Antivaksin, Spotify Hapus 70 Episode Joe Rogan

ADVERTISEMENT

Gegara Konten Podcast Antivaksin, Spotify Hapus 70 Episode Joe Rogan

Josina - detikInet
Sabtu, 05 Feb 2022 15:13 WIB
Ilustrasi Spotify
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

Spotify dikabarkan telah menghapus 70 episode dari konten The Joe Rogan Experience pada Jumat, (4/2). Namun, episode-episode yang dihapus ini justru tidak ada hubungannya dengan kontroversi yang sedang dihadapi Spotify saat ini terkait COVID-19.

Salah satu yang menyadari hilangnya episode tersebut adalah mantan tamu dari podcast Rogan yakni Michael Malice yang juga merupakan seorang penulis dan podcaster yang berbasis di Ukraina-Amerika.

Melalui akun Twitternya ia mengungkapkan jika dua penampilannya di podcast Joe Rogan telah dihapus.

Penghapusan episode ini muncul ketika kontroversi dan kritikan terhadap salah satu episode Rogan yang menyebarkan informasi salah terkait COVID-19 dan dinilai antivaksin.

Rogan mengklaim bahwa dirinya hanya mencoba melakukan percakapan dengan orang-orang yang menarik, tetapi kritikus secara konsisten berpendapat bahwa podcaster membantu menyebarkan informasi salah dan membahayakan di dunia nyata.

Akibat ini pula, musisi Rocker Neil Young dan ikon folk Joni Mitchell menarik musik mereka dari Spotify setelah surat terbuka yang ditandatangani oleh lebih dari 250 profesional medis, peneliti, dan profesor menuding podcast Rogan sebagai bukti bahwa layanan streaming tersebut memberikan panggung bagi penyebar informasi yang salah tentang COVID.

Rogan baru-baru ini menerbitkan sebuah video ke Spotify di mana dia membela pilihannya dan berjanji untuk mendapatkan lebih banyak sudut pandang yang berlawanan, meskipun para kritikus tampaknya tidak terlalu puas dengan tanggapan itu.

Episode yang ditarik tampaknya tidak ada hubungannya dengan kontroversi yang sedang berlangsung. Salah satu episode yang paling membuat khawatir adalah penampilan ilmuwan vaksin yang sangat dikritik Dr. Robert Malone yang tetap ditayangkan di Spotify.

Malone sendiri diblokir dari Twitter setelah platform tersebut memutuskan bahwa dia melanggar kebijakan disinformasi COVID-19. YouTube juga telah menghapus klip penampilannya di podcast Rogan dengan alasan yang sama.

Ini bukan pertama kalinya Spotify melakukan pembersihan materi Rogan. Tahun lalu, dilaporkan bahwa Spotify diam-diam menghapus lebih dari 40 episode acara Rogan.

Sayangnya, baik Spotify dan Joe Rogan belum memberikan tanggapan atas informasi tersebut sebagaimana dilansir detiKINET dari Gizmodo.



Simak Video "Lisa BLACKPINK Pecahkan Rekor Grupnya Sendiri di Spotify"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT