Mundur dari CEO Twitter, Jack Dorsey Diprediksi Mau Main Bitcoin

Mundur dari CEO Twitter, Jack Dorsey Diprediksi Mau Main Bitcoin

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 30 Nov 2021 12:15 WIB
Jack Dorsey
Setelah Mundur dari CEO Twitter, Jack Dorsey Mau ke Mana? Foto: Twitter
Jakarta -

Jack Dorsey resmi mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Twitter. Mau ke mana Dorsey setelah ini?

Selama ini Dorsey memang memegang dua jabatan penting. Selain memimpin Twitter, pria berusia 45 tahun ini juga menjadi CEO Square, perusahaan pembayaran digital yang ia dirikan pada tahun 2009.

Setelah tidak lagi disibukkan dengan memimpin Twitter, Dorsey jadi punya lebih banyak waktu untuk Square dan uang kripto. Dorsey memang telah lama mengaku tertarik dengan mata uang kripto, terutama bitcoin.

"Jika saya tidak di Square atau Twitter, saya akan mengerjakan bitcoin," kata Dorsey saat berbicara di konferensi Bitcoin 2021 beberapa bulan yang lalu, seperti dikutip dari CNBC, Selasa (30/11/2021).

Square sendiri sudah memiliki beberapa proyek terkait kripto yang diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2018, mereka berkolaborasi dengan Cash App untuk meluncurkan fitur jual beli bitcoin.

Pada bulan Juli lalu, Square mengatakan sedang menciptakan bisnis baru yang didedikasikan untuk membangun aplikasi DeFi untuk bitcoin. Desentralisasi teknologi memang merupakan salah satu fokus Dorsey saat memimpin Twitter dan Square.

Belum lama ini Dorsey juga mengatakan Square akan terjun ke bisnis penambangan bitcoin. Raksasa pembayaran ini juga sedang mengembangkan dompet kriptonya sendiri untuk membuat bitcoin jadi lebih mainstream.

Square juga memiliki aset dalam bentuk bitcoin. Mereka memiliki investasi bitcoin senilai USD 351,7 juta per 30 September lalu.

"Kami percaya bahwa bitcoin memiliki potensi menjadi mata uang yang lebih umum di masa depan," kata Chief Financial Officer Square Amrita Ahuja dalam keterangan resminya.

"Seiring dengan pertumbuhan adopsi, kami berencana untuk belajar dan berpartisipasi secara disiplin. Sebagai perusahaan yang membangun produk berdasarkan masa depan yang lebih inklusif, investasi ini adalah langkah menuju perjalanan itu," sambungnya.

Posisi Dorsey sebagai CEO Twitter digantikan oleh Parag Agrawal yang sebelumnya merupakan CTO Twitter. Dalam email yang dikirimkan kepada staf, Dorsey mengaku perusahaan yang dipimpin oleh pendiri akan sangat dibatasi dan bisa jadi satu titik kegagalan.

Meski mundur dari jabatan sebagai CEO Twitter, Dorsey tetap akan menjadi anggota dewan direksi sampai rapat pemegang saham selanjutnya pada 2022.

Simak video 'CEO Twitter Jack Dorsey Pamit Undur Diri':

[Gambas:Video 20detik]



(vmp/fay)