Literasi Digital Netizen Fair 2021 Digelar Gratis di 6 Kota, Yuk Ikutan

Literasi Digital Netizen Fair 2021 Digelar Gratis di 6 Kota, Yuk Ikutan

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 24 Nov 2021 12:58 WIB
Netizen Fair
Literasi Digital Netizen Fair 2021 Digelar Gratis di 6 Kota, Yuk Ikutan (Foto: Kemenkominfo)
Jakarta -

Bosan dengan hoax, penipuan online atau ribut dengan netizen julid? Saatnya tambah ilmu soal literasi digital biar kamu makin terlindungi.

Dalam beberapa tahun terakhir, inovasi teknologi digital memang berkembang masif, pesat dan membuat berbagai perubahan. Kehadiran teknologi digital telah membawa kemudahan dan kecepatan. Tapi di sisi lain mendatangkan berbagai potensi bahaya untuk penggunanya.

Terlebih, saat ini Indonesia juga sedang menjalankan agenda nasional transformasi digital dan penyiapan talenta digital. Untuk itu, Kementerian Kominfo (Kominfo) bersama GNLD Siberkreasi menginisiasi Program Literasi Digital Nasional untuk 12,5 juta juta masyarakat di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia.

Akan ada kelas, lokakarya, serta seminar baik secara luring maupun daring yang mengacu pada empat pilar literasi digital, yaitu: Kecakapan Digital, Keamanan Digital; Etika Digital; serta Budaya Digital. Tujuannya agar masyarakat tahu bagaimana memanfaatkan dunia digital dengan baik dan benar.

Di penghujung tahun 2021, Kominfo dan seluruh mitra akan melaksanakan puncak acara Literasi Digital yaitu Netizen Fair 2021. Acara akan dilakukan secara serentak dan hybrid di 6 kota/kabupaten dan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 23-24 November 2021.

"Terdapat empat kelas yang membahas berbagai fondasi yang dapat memfasilitasi transformasi digital, mulai dari infrastruktur, aplikasi, regulasi, tata kelola, hingga pengembangan teknologi penunjang. Namun semua ini kuncinya ada pada SDM digital," tutur Semuel Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo dalam keterangan kepada detikINET, Rabu (24/11/2021).

Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) 2021 digelar serentak 23 -24 November 2021 di 6 kota. Tempatnya adalah di Padang, Pontianak, Pekanbaru, Palu, Jayapura dan Bandung. Adapun tema-tema yang akan diangkat dalam kegiatan ini ialah: Mengenal Lanskap Digital, Teknologi Merajut Toleransi, Netiket Masyarakat Digital, dan Aman Nyaman dan Kreatif di Internet. Akan hadir juga Kelas Animasi dan Implementasi Teknologi untuk UMKM. Kegiatan ini menghadirkan berbagai narasumber mewakili komunitas, akademisi, publik figur, dan para pemangku kepentingan majemuk lainnya.

LDNF 2021digelar gratis dan terbuka untuk umum. Seluruh masyarakat di kota Padang, Pontianak, Pekanbaru, Palu, Papua dan Bandung dapat mendaftar melalui klink link berikut ini:

Pengunjung bisa tambah ilmu soal Literasi Digital, mengoptimalkan sarana digital untuk pengembangan usaha dan pembuatan konten yang baik dan benar, serta e-certificate dari Kementerian Kominfo. Sebaiknya segera daftarkan diri Anda untuk dan menjadi bagian dari gerakan Literasi Digital terbesar di Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan LDNF 2021 dan jadwal lengkapnya dapat diakses melalui https://info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi. Ayo makin cerdas di internet dan cakap digital!



Simak Video "Dayana yang Lagi-lagi Bikin Netizen Indonesia Naik Pitam"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)